soto kadipiro jogja enak

Soto Kadipiro Jogja: Lezatnya Sajian Legendaris yang Menggoyang Lidah

Soto Kadipiro Jogja – Jogja, salah satu kota terkenal di Indonesia, tidak hanya dikenal dengan keindahan alam, budaya yang kaya, atau destinasi wisata populer. Jogja juga memiliki sajian kuliner yang mendunia, salah satunya adalah Soto Kadipiro. Dengan cita rasa yang khas dan bumbu rempah yang menggoda selera, soto kadipiro telah menjadi ikon kuliner Jogja yang wajib dicicipi oleh para wisatawan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi dunia soto kadipiro Jogja dan mengeksplorasi segala hal yang membuatnya begitu istimewa.

Sejarah Soto Kadipiro

Soto Kadipiro memiliki sejarah panjang yang melibatkan warisan budaya Jawa dan pengaruh zaman kolonial Belanda. Konon, soto kadipiro pertama kali dibuat oleh Mbok Giyem pada masa penjajahan Belanda di abad ke-19. Mbok Giyem merupakan istri dari seorang prajurit Keraton Yogyakarta yang bertugas di benteng Vredeburg. Untuk menghasilkan pendapatan tambahan, Mbok Giyem menggunakan resep rahasia keluarganya untuk membuat soto yang kemudian dikenal sebagai Soto Kadipiro.

Nama “Kadipiro” sendiri berasal dari nama sebuah daerah di Jogja, tempat Mbok Giyem pertama kali memulai usahanya. Seiring berjalannya waktu, soto kadipiro semakin populer dan menjadi salah satu kuliner legendaris di Jogja. Resep rahasia Mbok Giyem kemudian diwariskan dari generasi ke generasi, menjadikannya sebagai warisan budaya yang bernilai tinggi bagi masyarakat Jogja.

Bahan dan Bumbu

Salah satu hal yang membuat Soto Kadipiro begitu istimewa adalah bahan-bahan segar dan rempah-rempah pilihan yang digunakan dalam proses pembuatannya. Berikut adalah beberapa bahan dan bumbu utama yang biasa digunakan dalam soto kadipiro:

1. Daging Ayam dan Koya

Dalam soto kadipiro, daging ayam menjadi bahan utama yang digunakan. Potongan daging ayam yang empuk disajikan dengan kuah kaldu yang gurih. Selain itu, koya, sejenis bubuk dari kelapa sangrai yang ditambahkan sebagai taburan di atas soto untuk memberikan tekstur yang renyah dan aroma yang khas.

2. Daun Bawang dan Seledri

Daun bawang dan seledri diiris tipis dan digunakan sebagai hiasan serta memberikan aroma segar pada sajian soto kadipiro. Keberadaan daun bawang dan seledri ini juga memberikan nilai tambah dalam penyajian visual soto.

3. Bumbu Rempah

Bumbu rempah yang digunakan dalam soto kadipiro menciptakan cita rasa yang khas dan lezat. Beberapa bumbu utama yang digunakan antara lain: bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar, serai, daun jeruk, dan lengkuas. Rempah-rempah ini ditumbuk atau dihaluskan dan kemudian ditumis hingga mengeluarkan aroma harum sebelum dicampurkan dengan kaldu ayam.

Cara Penyajian

Soto Kadipiro disajikan dengan cara yang unik dan menarik. Biasanya, soto kadipiro disajikan dalam mangkuk keramik berukuran sedang, dilengkapi dengan irisan daging ayam, potongan tahu goreng, telur rebus, serta pelengkap lain seperti taoge, mie kuning, dan koya sebagai taburan di atasnya. Penambahan irisan daun bawang dan seledri sebagai hiasan memberikan tampilan yang lebih menarik pada soto kadipiro. Setelah semua bahan dan rempah-rempah siap, berikut adalah langkah-langkah dalam penyajian soto kadipiro:

Memasak Kaldu Ayam

Langkah pertama dalam penyajian soto kadipiro adalah memasak kaldu ayam yang kaya rasa. Potong daging ayam menjadi beberapa bagian, lalu rebus dengan air bersama bumbu rempah seperti serai, lengkuas, jahe, daun jeruk, dan bawang putih. Masak dengan api sedang hingga daging ayam empuk dan kaldu berasa gurih. Anda juga bisa menggunakan pressure cooker untuk mempercepat proses memasak kaldu.

Membuat Bumbu Soto

Selanjutnya, siapkan bumbu soto kadipiro dengan menumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan rempah-rempah seperti kunyit, ketumbar, dan bubuk cabe (jika suka pedas). Aduk rata dan masak hingga bumbu matang.

Menyiapkan Pelengkap

Siapkan pelengkap soto kadipiro seperti tahu goreng, telur rebus, taoge, mie kuning, irisan daun bawang, dan seledri. Tahu goreng dapat Anda buat terlebih dahulu dengan menggoreng potongan tahu hingga kecokelatan. Telur rebus bisa dimasak hingga setengah matang atau sesuai dengan selera Anda.

Penyajian

Saat semua bahan dan pelengkap sudah siap, masukkan mie kuning ke dalam mangkuk. Tambahkan potongan daging ayam rebus, tahu goreng, dan telur rebus di atas mie. Tuangkan kaldu ayam yang telah disiapkan ke dalam mangkuk hingga menutupi semua bahan. Taburi soto dengan taoge, irisan daun bawang, seledri, dan koya sebagai tambahan rasa dan tekstur. Sajikan soto kadipiro hangat-hangat untuk menikmati cita rasanya yang lezat.

soto kadipiro jogja

Jika Anda ingin menjelajahi kuliner khas Yogyakarta yang terkenal dan mengunjungi destinasi wisata gunakan sewa mobil dari Altha Rent :

NoTujuanHiace CommuterHiace PremioElf Long
1Kota SemarangRp 1,000,000Rp 1,200,000Rp 1,300,000
2Luar Kota SemarangRp 1,200,000Rp 1,300,000Rp 1,500,000
3Luar PropinsiRp 2,800,000Rp 3,000,000Rp 3,400,000
4Luar Pulau/JawaRp 4,500,000Rp 5,000,000Rp 5,000,000

Tempat Makan Terkenal Soto Kadipiro Jogja

Jika Anda berkunjung ke Jogja, ada beberapa tempat makan terkenal yang menyajikan soto kadipiro yang sangat direkomendasikan. Berikut adalah beberapa tempat yang dapat Anda coba:

1. Warung Soto Kadipiro Mbok Giyem

Warung ini merupakan tempat pertama kali soto kadipiro dibuat oleh Mbok Giyem, pendiri soto kadipiro. Di warung ini, Anda dapat merasakan cita rasa autentik soto kadipiro yang masih dipertahankan sesuai dengan resep turun-temurun dari Mbok Giyem. Lokasinya berada di Jalan Kadipiro No. 19, Yogyakarta.

2. Soto Kadipiro Pak Pangat

Warung soto yang satu ini juga terkenal dengan soto kadipiro yang lezat. Soto Kadipiro Pak Pangat menawarkan variasi pelengkap yang lengkap dan kuah kaldu yang kaya rasa. Anda dapat mengunjungi warung ini di Jalan Cendrawasih No. 32, Yogyakarta.

3. Soto Kadipiro Mami Asih

Warung soto ini terkenal dengan porsi yang besar serta rasa yang menggugah selera. Selain soto kadipiro, mereka juga menyajikan berbagai jenis soto lainnya. Warung ini berlokasi di Jalan Magelang KM 6,5, Sleman, Yogyakarta.

soto kadipiro jogja murah

Tips Menikmati Soto Kadipiro Jogja

Untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal saat menikmati soto kadipiro Jogja, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

Cicipi Semua Pelengkap

Soto kadipiro Jogja biasanya disajikan dengan berbagai pelengkap seperti tahu goreng, telur rebus, taoge, mie kuning, irisan daun bawang, dan seledri. Agar dapat merasakan semua komponen rasa yang lengkap, disarankan untuk mencicipi setiap pelengkap yang ada dalam mangkuk soto Anda. Setiap tambahan bahan akan memberikan dimensi baru pada cita rasa.

Nikmati dengan Tambahan Sambal

Jika Anda menyukai makanan pedas, jangan ragu untuk menambahkan sambal ke dalam soto kadipiro Anda. Sambal akan memberikan sensasi pedas yang pas dan meningkatkan kelezatan hidangan ini. Anda dapat meminta sambal khusus dari warung atau menggunakan sambal yang sudah disediakan di meja.

Sajian Tradisional ala Jogja

Selain nikmatnya cita rasa soto kadipiro, Anda juga dapat menikmati pengalaman tradisional ala Jogja dengan cara menyantap soto menggunakan sendok dan garpu kayu. Hal ini akan menambah kesan autentik dan menghubungkan Anda dengan budaya lokal Jogja.

Jelajahi Warung Soto Lainnya

Soto kadipiro mungkin menjadi primadona, tetapi Jogja juga memiliki banyak warung soto lainnya yang tidak kalah lezat dan menarik untuk dieksplorasi. Cobalah untuk menjelajahi variasi soto Jogja lainnya, seperti soto ayam, soto babat, atau soto daging sapi. Setiap jenis soto memiliki keunikan dan cita rasa yang berbeda.

soto kadipiro jogja enak

Kontak Marketing Altha Rent
Whatsapp 081329009715

  1. Pertama Anda akses dulu website resmi dari Altha Rent untuk mendapatkan akses nomor resminya.
  2. Setelah Anda masuk ke dalam situs tersebut maka akan ada akses untuk layanan nomor kontak dari Altha Rent. Anda akses saja nomor kontak tersebut melalui aplikasi WhatsApp.
  3. Jika sudah mendapatkan akses kontaknya maka Anda langsung saja melakukan panggilan ke nomor tersebut.
  4. Tanpa menunggu lama maka pihak dari Altha Rent akan menanggapi panggilan tersebut lewat admin. Anda langsung tanyakan saja ketersediaan layanan sewa Hiace Premio Solo dan nantinya pihak admin akan memberikan informasi kepada Anda.
  5. Setelah itu Anda isi saja data yang diperlukan untuk kepentingan sewa Hiace ini. Jika sudah lanjut ke prose pembayaran sewanya.
  6. Nanti pihak admin akan memberikan kepada Anda pilihan pembayaran baik itu via transfer maupun lewat pembayaran langsung. Anda pilih saja metode pembayaran yang paling nyaman untuk Anda.
  7. Jika sudah begini maka nanti ketika jadwal sewa sudah tiba Anda akan dijemput bersama supir ke lokasi Anda berada.

Soto Kadipiro Jogja merupakan salah satu kuliner legendaris yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Jogja. Dengan rasa yang khas, bahan-bahan segar, dan rempah-rempah yang digunakan, soto kadipiro telah memikat lidah banyak orang dan menjadi salah satu ikon kuliner Jogja. Dalam perjalanannya, soto kadipiro berhasil mempertahankan resep rahasia turun-temurun dan memberikan pengalaman kuliner yang autentik. Jadi, jangan lupa mencicipi kelezatan Soto Kadipiro saat Anda berada di Jogja, dan nikmatilah sensasi unik dari sajian legendaris ini. Selamat menikmati!

4.9/5 - (21 votes)

Author

Scroll to Top