6 khas semarang

Pusat Oleh-Oleh Khas Semarang Termurah dan Terlengkap

Pusat Oleh-Oleh Khas Semarang Termurah dan Terlengkap

Melancong ke luar kota belum lengkap kalau belum beli oleh-oleh khas daerah setempat dengan memilih kendaraan innova. Jika berkunjung ke Semarang, tak perlu bingung dimana tempat berburu oleh-oleh terlengkap. Berikut 6 rekomendasi pusat oleh-oleh khas Semarang terkenal yang mematok harga  super terjangkau.

Rekomendasi Pusat Oleh-Oleh Khas Semarang

Mencari beragam oleh-oleh khas memang lebih praktis jika membeli ke satu tempat naik fortuner semarang. Yaitu langsung ke pusatnya yang menjual aneka makanan khas, pakaian, hingga souvenir. Seperti 6 pusat oleh-oleh khas Semarang berikut ini. Produk yang dijual lengkap dan harganya pun ramah di dompet.

1. Kampoeng Semarang

Pusat oleh-oleh ini berlokasi di dekat Stasiun Tawang dengan sewa alphard semarang, yaitu di Jalan Kaligawe Raya nomor 96. Di dalamnya terdapat berbagai outlet yang menjual barang berbeda, diantaranya:

  •       Outlet WeBe yang menjual berbagai macam tas unik
  •       Outlet Asem Arang yang menjual batik
  •       Outlet Godhong Asem yang menjual aneka souvenir
  •       Outlet Kaos Semarangan yang menjual berbagai kaos branding Semarang

Yang paling menarik, pusat oleh-oleh yang buka mulai pukul 08.00-20.00 WIB ini juga menyediakan restoran dan rest area. Sehingga pengunjung bisa bersantai sambil menikmati makanan dan kudapan khas Semarang dengan harga terjangkau.

2. Ikikuwi 

Jika Anda mengunjungi wisata Lawang Sewu, mampirlah ke pusat oleh-oleh legendaris yang bernama Ikikuwi oleh travel malang yogyakarta. Lokasinya berada di Jalan Kapten Piere Tendean nomor 12, Sekayu, Semarang Tengah. Toko ini buka mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

Ikikuwi mempunyai slogan yang cukup terkenal, yaitu “rupa-rupa Semarang ada disini”. Artinya, berbagai souvenir khas Semarang bisa Anda dapatkan di Ikikuwi, diantaranya: tas, gantungan kunci, buku catatan, dompet, gelas, dll.

3. Semarang Creative Gallery

Rekomendasi pusat oleh-oleh khas Semarang selanjutnya yaitu Semarang – jakarta Creative Gallery. Lokasinya sangatlah strategis, karena berada di pusat kota. Lebih tepatnya di bekas gedung Telkom di Jalan Letjen Suprapto nomor 7, Kota Lama. Tempat ini buka mulai pukul 09.00-21.00 WIB.

Di sana terdapat 70 UMKM yang menjual aneka souvenir khas Semarang mulai harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Para pemilik UMKM tersebut telah terdaftar di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Semarang, sehingga semua produk yang dijual telah melalui kurasi panjang.

Beberapa produk khas Semarang yang bisa Anda beli disini antara lain: jam tangan, perhiasan, tas, sepatu, hingga kain batik. Kain batik yang dijual pun juga unik, karena mengutamakan motif-motif khas Semarang, seperti daun asam, patung Warak Ngendog, dll.

4.  Galeri UMKM Bandara Jenderal Ahmad Yani

Tak mau kalah dengan Kota Lama, Semarang baru juga punya galeri UMKM yang menjual berbagai oleh-oleh khas Semarang. Lokasinya berada di Jalan Bandara Jenderal Ahmad Yani yang masuk dalam kawasan Tawangsari, Semarang Baru dan buka pukul 09.00-17.00 WIB.

UMKM yang berjualan di sini juga melalui kurasi, sehingga semua produknya terjamin original dan berkualitas tinggi. Anda bisa menemukan UMKM yang menjual aneka camilan, minuman, hingga pakaian dan kerajinan tangan unik khas Semarang. Harganya pun sangat terjangkau.

5.  Toko MaDua 52

Masih berlokasi di dekat Bandara Ahmad Yani, Anda bisa berkunjung ke pusat oleh-oleh MaDua 52. Lebih tepatnya berada di Jalan Jenderal Sudirman nomor 134. Ada juga outlet lainnya yang beralamat di Jalan Madukoro Raya, Semarang. Keduanya buka mulai pukul 07.00-21.00 WIB.

Di sana Anda bisa berbelanja aneka makanan khas Semarang, seperti lumpia, roti ganjel rel, hingga bubuk kopi dan coklat. Berbagai makanan kering seperti keripik juga tersedia, karena toko MaDua juga menjual oleh-oleh khas kota-kota lainnya di Indonesia.

6.  Pusat Oleh-Oleh Djoe

Jika ingin mencari oleh-oleh berupa makanan khas Semarang yang lebih lengkap, Anda bisa datang ke pusat oleh-oleh Djoe. Lokasinya berjarak sekitar 400 meter saja dari objek wisata Lawang Sewu. Lebih tepatnya beralamat di Jalan Pandanaran nomor 51 Randusari.

Di sana Anda bisa berburu aneka makanan khas Semarang, seperti lumpia, kue mochi, wingko babat, tahu bakso, atau bandeng presto. Bahkan, Anda bisa menemukan olahan bandeng presto jumbo seberat 1 kg yang dijual puluhan ribu saja.

Salah satu pusat oleh-oleh tertua yang telah ada sejak tahun 1960 ini juga menjual berbagai makanan khas Jawa Tengah lainnya. Mulai dari kue wajik, bakpia, hingga enting-enting.

oleh oleh khas semarang

Tips Berwisata ke Semarang

Ikuti beberapa tips berikut ini supaya kegiatan wisata Anda ke Semarang berjalan aman dan nyaman.

1.  Siapkan Itinerary Perjalanan

Jangan sampai liburan Anda ke Semarang sia-sia karena tidak tahu mau kemana. Untuk itu,  tentukan daftar wisata yang ingin dituju terlebih dahulu, termasuk jika ingin ke pusat oleh-oleh khas Semarang. Tentukan juga jadwal dan lamanya waktu kegiatan di masing-masing tempat tersebut.

2.  Jangan Malu Bertanya

Saat berwisata ke luar kota mungkin Anda akan lebih sering mengandalkan GPS. Tapi biasanya beberapa alamat sulit ditemukan. Solusinya, jangan pernah malu bertanya kepada warga setempat. Biasakan bertanya dengan ramah dan sopan, serta mengucapkan terima kasih.

3.  Gunakan Jasa Travel atau Sewa Kendaraan Terpercaya

Daripada kerepotan naik transportasi umum, sebaiknya gunakan jasa travel atau sewa kendaraan untuk mengelilingi kota Semarang secara lebih leluasa. Anda bisa memakai jasa travel dan sewa mobil terlengkap dari Alta Rent yang punya banyak keunggulan, diantaranya:

a. Pilihan Mobil Beragam

Koleksi mobil Altha Rent tidak hanya 1-2 tipe, tapi lebih dari 10 merk berbeda. Mulai dari tipe reguler seperti Avanza, Innova Reborn, dan Honda Mobilio, hingga tipe premium seperti Pajero, Fortuner, dan Alphard. Jika ingin pergi dengan rombongan besar juga bisa sewa bus, elf long, atau hiace.

b. Kendaraan Terawat Baik

Altha Rent juga mengutamakan kualitas kendaraan, terutama soal keamanan dan kebersihannya. Kami rutin melakukan servis, cek mesin kendaraan, serta membersihkannya setiap sebelum dan sesudah digunakan. Sehingga Anda pun bisa berkendara secara aman dan nyaman.

c. Jasa Sopir Profesional

Jika ingin menggunakan jasa travel, Altha Rent juga menyiapkan sopi khusus yang telah berpengalaman mengantar penumpang berkeliling Semarang. Jadi tak perlu khawatir tersesat atau sulit menemukan alamat tujuan yang tepat. Sopir kami siap mendampingi Anda sekeluarga.

d. Bisa Melayani Antar Jemput ke Rumah

Salah satu keunggulan Altha Rent yang membedakannya dengan jasa travel lainnya yaitu melayani antar jemput penumpang ke alamat rumah. Tak perlu datang ke lokasi kami, biar sopir yang akan menjemput ke alamat rumah Anda. Praktis kan?

e. Pemesanan Mudah

Jika ingin reservasi atau tanya-tanya lebih lanjut tentang Altha Rent juga sangat mudah. Semua informasi layanan kami sudah tersedia secara lengkap di website. Bahkan, jika ingin memesan jasa kami tinggal hubungi via telepon atau WhatsApp saja, tak perlu datang langsung ke kantor kami.

Berburu makanan dan souvenir unik ke pusat oleh-oleh khas Semarang kini terasa lebih menyenangkan dengan menyewa mobil di Altha Rent. Harga sewa mulai 300 ribuan saja sudah termasuk sopir profesional yang siap mengantar ke berbagai tempat tujuan di Semarang.

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.