Kampoeng Heritage Kajoetangan

10 Makanan Khas Semarang Terkenal Harga Mulai 10 Ribuan

10 Makanan Khas Semarang Terkenal Harga Mulai 10 Ribuan

Berbicara tentang makanan khas Semarang, salah satu yang paling terkenal adalah lumpia. Tapi, ibukota Jawa Tengah tersebut juga punya kuliner khas lainnya yang tak kalah lezat. Apa sajakah itu? Berikut 10 diantaranya yang dijual mulai sepuluh ribuan saja.

Makanan Khas Semarang

Travel semarang punya berbagai macam makanan khas yang melegenda. Mulai dari makanan berat berbahan nasi, makanan ringan berbentuk roti, hingga minuman khas pelepas dahaga. Penasaran apa saja? Simak daftarnya berikut ini.

1. Lumpia

Lumpia adalah salah satu kuliner khas Semarang yang telah mendunia. Saking populernya makanan ini, Semarang pun sampai dijuluki sebagai kota lumpia. Yang paling unik dari lumpia Semarang adalah cita rasanya yang memadukan resep Indonesia dengan Cina.

Kini varian lumpia juga semakin banyak, baik itu lumpia basah maupun kering. Untuk varian rasanya juga beragam. Mulai dari rasa original yang berisi rebung, udang, dan telur. Hingga varian spesial yang berisi daging ayam, serta lumpia beku yang bisa tahan hingga 10 hari.

2. Kue Mochi

Jajanan asli Jepang ini juga termasuk makanan khas Semarang. Jika moaci pada umumnya hanya berupa balutan tepung berisi kacang, kue mochi khas Semarang ditaburi wijen yang semakin menambah kelezatan. Kini variasi isinya juga beragam. Mulai dari isi coklat, stroberi, hingga durian.    

3. Pisang Plenet

Adonan pisang khas Semarang ini mirip dengan nugget pisang, tapi diolah dengan cara dipenyet, lalu dibakar menggunakan arang. Rasanya manis, legit dan aromanya sangat khas. Sekarang pisang plenet semakin variatif dengan banyak pilihan topping, seperti coklat, selai nanas atau stroberi.

4.  Roti Ganjel Rel

Makanan khas Semarang ini merupakan roti berbahan tepung tapioka yang bertekstur keras dan berwarna coklat. Bentuknya mirip bantalan rel kereta, sehingga dinamakan roti ganjel rel. Roti ini dipadu dengan gula aren dan kayu manis yang mengeluarkan aroma sedap menggugah selera.

5.  Mie Kopyok

Kalau ini salah satu varian makanan berat khas Semarang. Hidangan mie yang satu ini berisi lontong, olahan mie kuning yang dicampur tauge dan tahu pong, lalu disiram kuah hangat. Yang paling menarik dari mie kopyok adalah tambahan kerupuk gendar yang diolah dari nasi bercampur rempah.

6.  Tahu Gimbal

Hampir sama dengan ketoprak, tapi hidangan ini berisi lontong, olahan tauge dan kol yang dipadukan dengan udang dan tahu goreng. Lalu disiram sambal kacang bercampur petis. Nama gimbal sendiri merupakan sebutan untuk olahan udang yang digoreng dengan balutan tepung.

7.  Nasi Krempyeng

Jika Anda mencari makanan berat khas Semarang yang berbahan nasi, menu nasi krempyeng adalah rekomendasi yang tepat. Makanan ini hampir sama dengan sajian nasi gudangan khas Jogja. Yaitu nasi yang disajikan dengan gudangan (sayur rebus diurap dengan parutan kelapa berbumbu).

Bedanya, nasi krempyeng dipadukan dengan olahan mie, kering tempe, serta keripik rebon yang gurih.  Makanan khas Semarang ini juga ditaburi bumbu kacang dan sambal terasi cair yang menggoda selera.

8.  Tahu Bakso

Selain lumpia, salah satu camilan basah yang terkenal dari Semarang adalah tahu bakso. Sesuai namanya, makanan ini merupakan olahan tahu yang dipadu dengan adonan bakso yang terbuat dari tepung tapioka bercampur bumbu. Ada 2 varian tahu bakso yang biasa dijual, yaitu rebus dan goreng.

9.  Babat Gongso

Bagi pecinta daging, jangan lewatkan olahan babat khas Semarang ini. Jeroan daging yang kenyal ini diolah dengan cara direbus sampai empuk, lalu digongso alias ditumis tanpa kuah. Rasanya semakin lezat dengan paduan bumbu yang terbuat dari kemiri, cabai, bawang merah dan putih, serta kecap.

10.  Es Puter Conglik

Setelah berburu camilan dan makanan berat, kini waktunya mencari minuman khas Semarang. Salah satu yang paling recommended adalah es puter conglik. Berbeda dengan es puter pada umumnya, eskrim tradisional ala Semarang ini dipadu dengan roti, agar-agar, serta kolang kaling dan siwalan.

makanan khas semarang

Tips Berburu Kuliner Khas Semarang

Sudah tidak sabar ingin segera mencicipi kelezatan makanan khas Semarang? Tidak perlu khawatir mencarinya, karena hampir di semua sudut menggunakan sewa mobil semarang menjual 10 kuliner di atas. Ikuti tips berikut supaya perburuan kuliner Anda di Semarang berjalan lancar.

1.  Cari Referensi Tempat Makan di Aplikasi

Saat ini banyak aplikasi pesan antar makanan yang memuat informasi tempat makan. Manfaat aplikasi itu untuk mencari rekomendasi tempat makan berdasarkan rating pengguna. Tulis saja jenis makanan yang ingin dimakan, lalu temukan tempat makan yang mendapatkan rating terbanyak.  

2.  Tanyakan Harga Terlebih Dahulu

Sebelum membeli makanan, sebaiknya tanyakan harganya terlebih dahulu. Karena bisa jadi harga makanan yang Anda temukan berbeda jauh dengan biasanya. Misalnya saja, harga lumpia umumnya sekitar 3-5 ribu saja per biji. Tapi di Semarang ada yang menjual lumpia seharga 12 ribu per biji.

3.  Gunakan Jasa Travel atau Sewa Mobil Terpercaya

Jika ingin berburu kuliner dari satu tempat ke tempat lainnya, sebaiknya gunakan jasa travel atau sewa mobil terpercaya. Cara ini lebih praktis daripada naik transportasi umum atau membawa kendaran pribadi dari luar kota.

Anda bisa menggunakan jasa travel atau sewa mobil berkualitas dari Altha Rent yang mempunyai banyak keunggulan, diantaranya:

a. Bebas Pilih Jenis Mobil

Setiap orang pasti punya tipe mobil favorit yang berbeda-beda. Untungnya, koleksi mobil Altha Rent beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan. Anda bisa memilih tipe mobil reguler, seperti  Avanza, Innova Reborn, dan Honda Mobilio, atau tipe premium seperti Pajero, Fortuner, dan Alphard.

b. Kualitas dan Harga Bersaing

Harga sewa mobil di Altha Rent termasuk kompetitif dan setimpal dengan kualitas layanan yang diberikan. Seluruh kendaraan terawat dengan baik, bersih, dan sopirnya pun profesional. Harga sewanya mulai Rp350.000 saja untuk jenis mobil reguler beserta sopir.

c. Bisa Menggunakan Sopir/ Lepas Kunci

Anda bebas memilih layanan dengan sopir ataupun tidak. Kelebihannya jika menggunakan sopir tentu Anda tidak perlu repot mengendarai sendiri. Resiko tersesat juga lebih minim, karena sopir kami telah berpengalaman. Tapi Anda juga bisa pilih opsi lepas kunci jika ingin berkendara lebih bebas.

d. Bisa Dipesan Secara Online

Tidak perlu datang ke kantor rental elf Altha Rent secara langsung jika ingin menyewa mobil. Cukup hubungi via telepon atau WhatsApp dan lakukan reservasi online. Semua informasi layanan pun tersedia lengkap di website, jadi Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu.

e. Melayani Antar Jemput ke Rumah

Ini juga bisa menjadi poin plus, karena Anda tak perlu jauh-jauh datang ke lokasi kami untuk mengambil mobil. Sopir kami yang akan langsung menjemput ke lokasi rumah Anda sesuai kesepakatan. Begitu pula saat pulang, Anda bisa minta antar hingga ke alamat rumah.

Kini berburu makanan khas Semarang terasa lebih mudah dengan menggunakan jasa sewa mobil dari Altha Rent. Menariknya lagi, Anda bisa mendapatkan rekomendasi tempat kuliner terpopuler di Semarang jika diantar oleh sopir. Langsung klik disini untuk reservasi atau tanya-tanya lebih lanjut.

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.