saloka theme park

Saloka Theme Park Semarang

Saloka Theme Park Semarang, Tempat Rekreasi Terbesar di Jawa Tengah

Semarang merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Sebagai ibukota Jawa Tengah, Semarang menawarkan berbagai hal menarik, mulai dari kuliner hingga taman bermain. Salah satu wisata yang tak pernah sepi pengunjung di Semarang adalah Saloka Theme Park dan Lawang sewu Semarang.

Wahana Favorit Saloka Park Semarang

Taman hiburan ini resmi dibuka untuk umum pada 22 Juni 2019 lalu. Lantas, Saloka Theme Park milik siapa? Destinasi wisata ini merupakan milik PT Panorama Indah Permai.

Nama Saloka sendiri diambil dari legenda Baru Klinting, seekor naga yang bisa bicara. Dikisahkan, Baru Klinting merupakan anak dari Nyai Salokantara yang membuat Rawa Pening. Kini, karakter bersifat pemberani, jujur, bersahabat, dan cerdas ini pun menjadi maskot wisata ini.

Dibangun di lahan seluas 12 hektar, tak heran jika wisata ini mampu menampung banyak sekali wahana permainan. Hingga kini, ada 25 wahana yang terbagi dalam 4 lokasi. Berikut beberapa wahana favorit di Saloka Park.

  • Cakrawala Ferris Wheel

Jenis permainan yang satu ini sepertinya wajib ada di semua taman hiburan, tak terkecuali Saloka Park. Wahana bianglala ini menjadi ikon Saloka Park dan diberi nama Cakrawala karena tingginya mencapai 33 meter.

Dari atas ketinggian, Anda bisa melihat pemandangan pegunungan Ungaran dan Rawa Pening yang sangat indah. Wahana ini sangat cocok bagi Anda yang membawa pasangan. Apalagi, jika Anda naik wahana ini menjelang sore, tentu saja akan menambah suasana romantis.

  • Pakubumi

Wahana berikutnya yang ada di Saloka Theme Park hampir sama dengan Masjid Agung Jawa tengah adalah Pakubumi. Wahana ekstrim ini bisa menguji adrenalin Anda karena Pakubumi akan naik hingga puncak pasak, kemudian turun dengan kecepatan tinggi. Uniknya lagi, Anda akan ditempatkan pada posisi duduk yang membelakangi pasak, sehingga terasa seperti jatuh sungguhan dari ketinggian.

  • Galileo

Bila Anda sudah lelah bermain wahana ekstrim, Anda bisa sedikit lebih santai jika memasuki lumbung ilmu Galileo. Disini, Anda bisa belajar mengenai kehidupan purba dan dinosaurus.

Wahana ini paling cocok untuk Anda yang membawa anak kecil karena bisa menambah wawasan. Selain mendapat edukasi, Anda juga bisa mengambil foto keren dengan latar belakang benda langit di Galileo.

  • Lika-Liku

Berikutnya, ada wahana Roller Coaster yang diberi nama Lika-Liku karena mengusung konsep kearifan lokal. Wahana ini berupa kereta yang bergerak cepat di atas rel yang didesain tidak biasa. Dari wahana ini, Anda akan mendengar teriakan para pengunjung yang terpacu adrenalinnya.

  • Komedi Putar

Wahana menarik lainnya adalah komedi putar. Sebelum menaiki wahana ini, pastikan Anda tahan terhadap putaran yang kencang agar tidak mual. Nantinya, Anda akan diputar dengan kecepatan tinggi di atas ketinggian.

Komedi putar sangat tidak cocok bagi penderita hipertensi, asma, maupun vertigo. Selain itu, wahana ini juga berlangsung dalam waktu yang cukup lama, yakni sekitar 3 sampai 5 menit.

  • Bengak-Bengok

Wahana berikutnya di Saloka Theme Park adalah bengak-bengok. Pengunjung akan duduk diatas kursi yang bentuknya mirip piringan kaset. Setelah duduk, piringan itu akan diputar seperti kaset radio sungguhan.

Gerakan awalnya memang hanya sekadar naik-turun layaknya kora-kora di Dufan. Namun, piringan itu akan berputar sambil naik-turun dengan tinggi.

Nama bengak-bengok sendiri diambil dari bahasa Jawa yang artinya teriak-teriak. Sesuai namanya, sebagian besar pengunjung yang naik wahana ini akan teriak karena ketakutan. 

  • Adu Nyali

Mengunjungi taman hiburan rasanya tak lengkap jika tidak datang ke rumah hantu. Salah satu wahana mencekam di Saloka Park ini menawarkan uji nyali bagi pengunjung yang memiliki cukup keberanian sama berkunjung di wisata area Sam Poo Kong.

Dilihat dari depan, desain wahana Adu Nyali ini tidak terlalu menyeramkan. Bahkan, cenderung seperti rumah hantu anak-anak karena ada patung monster hijau yang memegang peri kecil. Tapi, saat di dalam dijamin sekujur tubuh Anda akan merinding.

  • Kupu-kupu

Wahana ini menawarkan pengalaman bersepeda di atas ketinggian maksimal 4 meter. Sesuai namanya, bentuk dari wahana ini adalah kupu-kupu yang cantik dan berwarna-warni. Keunikan dari wahana ini adalah bisa Anda atur sendiri ketinggiannya. Semakin dikayuh, maka kupu-kupu akan melayang lebih tinggi.

  • Gonjang-ganjing

Bosan dengan wahana darat yang itu-itu saja? Anda bisa mencoba wahana air yang menawarkan pengalaman layaknya arung jeram atau rafting. Disini, Anda akan menaiki kano dan mengarungi sungai buatan sepanjang 360 meter.

Fasilitas Saloka Park Semarang

Wisata kota lama semarang Selain menawarkan berbagai wahana yang menarik untuk dicoba, wisata Saloka Park juga menyediakan fasilitas lengkap untuk menunjang kenyamanan pengunjungnya. Salah satu fasilitas yang akan Anda dapatkan sejak masuk ke tempat wisata ini adalah lahan parkir yang sangat luas dan mampu menampung sekitar 600 kendaraan.

Selain itu, taman bermain ini juga memiliki banyak toilet yang bersih. Anda juga tak perlu khawatir bila mengalami luka atau pusing pasca bermain wahana karena Saloka Park memiliki klinik dengan ahli medis yang mumpuni.

Bagi para ibu menyusui, Anda bisa memerah atau memberikan ASI kepada bayi di ruang laktasi. Setelah lelah bermain, Anda juga bisa duduk-duduk di bangku yang disediakan. 

Harga Tiket Masuk Saloka Park Semarang

Sewa Mobil Lepas kunci semarang memfasilitasi Dengan adanya berbagai wahana menarik dengan fasilitas mumpuni disini, berapa tiket masuk ke Saloka? Tenang saja, ternyata harganya sangat terjangkau dan pas di kantong.

Bila ingin menghemat biaya, Anda bisa membeli tiket terusan. Pada hari Senin sampai Jumat, tiket terusan dibanderol dengan harga Rp120.000. Sementara, hari Sabtu, Minggu, atau libur nasional, Anda bisa membeli tiket terusan di harga Rp150.000. Tiket terusan ini bisa Anda gunakan untuk main semua wahana di Saloka Park.

Bila dirasa terlalu mahal, Anda juga bisa membeli tiket masuk Saloka Theme Park seharga Rp30.000 (Senin-Jumat) dan Rp50.000 (Sabtu, Minggu, libur nasional). Untuk main wahana di lokasi A, Anda perlu membayar Rp25.000 per wahana. Namun, di lokasi B dan C harganya lebih murah, yakni Rp20.000 dan Rp15.000 per wahana.

Selain membayar tiket masuk, Anda juga harus membayar parkir kendaraan bermotor sebesar Rp5.000. Untuk mobil, tarif parkirnya sekitar Rp15.000. Selain itu, Anda juga bisa parkir VIP seharga Rp25.000.

Alamat Saloka Park Semarang

Lokasi taman bermain ini terbilang sangat strategis, yakni di Jalan Fatmawati Nomor 154, Gumuksari, Lopait, Semarang, Jawa Tengah. Anda bisa melihat berbagai informasi, promo, maupun testimoni pengunjung di akun sosial media resmi @salokapark.

Bagi Anda yang bertempat tinggal di Semarang, mengunjungi wisata ini tentu saja sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja yang Anda mau. Namun, bagaimana jika Anda merupakan seorang wisatawan dari luar kota?

Daripada naik kendaraan umum yang sesak dan panas, lebih baik Anda menyewa mobil dari jasa Rental, seperti Altha Rent. Selain nyaman, sewa mobil juga terbilang lebih aman karena Anda diberikan supir profesional yang sudah banyak pengalaman.

Anda bisa menghubungi Altha Rent di situs resminya https://altha-rent.com untuk melakukan pemesanan atau melihat berbagai informasi. Dengan menyewa mobil, perjalanan Anda ke Saloka Theme Park akan terasa lebih menyenangkan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.