monumen nasional

Monumen Nasional Jakarta

Wisata Murah di Monumen Nasional Jakarta

Siapa sih yang tidak kenal dengan tugu ikonik DKI Jakarta yakni Monumen Nasional (Monas)?  berbeda dengan wisata kepulauan seribu destinasi wisata Monumen tersebut telah lama menjadi destinasi wisata favorit bagi para wisatawan lokal. Kira-kira apa ya alasannya? Simak review lokasi wisata monas selengkapnya dalam ulasan di bawah ini!

Sejarah Singkat tentang Monumen Nasional

Tujuan menggunakan travel semarang jakarta ke tempat National Monument (Monas) adalah bangunan tinggi yang ikonik dan sangat identik sebagai lambang Ibukota Republik Indonesia yakni DKI Jakarta. 

Pembangunan dan fungsi Monumen Nasional ini adalah untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia dalam memperebutkan kemerdekaan Tanah Air dari tangan kolonial Belanda.

Monumen Nasional diresmikan oleh siapa? Monumen setinggi 132 meter ini diresmikan pada 17 Agustus 1961 oleh Presiden Indonesia pada kala itu, yakni Ir. Soekarno. Peresmian tugu Monas  bertepatan dengan hari ulang tahun Indonesia yang ke-16. 

Ciri khas dari tugu Monas sendiri adalah bentuk tugu yang tinggi menjulang serta dilengkapi dengan pelataran cawan yang luas di bagian bawahnya. 

Adapun ciri khas lain yang dimiliki oleh bangunan ikonik DKI Jakarta ini juga terletak pada konstruksi di bagian atas tugu Monas yang berbentuk seperti kobaran api. Kobaran api berwarna keemasan ini melambangkan semangat juang bangsa Indonesia yang tetap berkobar sepanjang masa.

Selain memiliki unsur sejarah yang kental, tugu Monas ini memiliki bentuk dan tata letak yang sangat indah dan penuh daya pikat. Itulah sebabnya wisata Monas kerap menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi kalangan wisatawan lokal.

Lokasi Wisata Tugu Monas

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah tahu bahwa tempat berdirinya tugu monas adalah di Ibukota DKI Jakarta. Namun, apakah kamu tahu lokasi tepat dan lengkapnya? Kira-kira dimana letak monumen nasional?

Tugu monas berlokasi di tengah Lapangan Medan Jakarta dan beralamat di Jl. Silang Monas, Kawasan Gambir, Jakarta Pusat. Untuk lebih mudahnya, silahkan search lokasinya melalui aplikasi Google Maps di ponsel masing-masing.

Jam Buka Wisata Monas

Untuk jadwal operasionalnya, antara jam pelayanan yang hampir sama bukit mojo gumelem dengan tugu monas dibuka pada hari Selasa – Minggu dan libur pada hari Senin. Bisa naik travel malang yogyakarta Namun, jika hari Senin bertepatan dengan agenda hari libur nasional, maka wisata Monas akan tetap dibuka untuk kalangan umum.

Terkait jadwal operasional wisata monas, setidaknya ada 3 sesi waktu untuk bisa masuk ke kawasan wisatanya, yakni :

  • Sesi 1 : 08.00 – 16.00 WIB
  • Sesi 2 : 19.00 – 22.00 WIB
  • Area taman Monas : 07.00 – 24.00 WIB (setiap hari)

Pada setiap pukul 16.00 s/d 18.00 WIB (sekat antara sesi 1 dan sesi 2), jam buka Monas akan ditutup sementara sampai menjelang sesi jam buka kedua.

Namun, berdasarkan keterangan yang disampaikan langsung melalui akun Instagram resmi Monumen Nasional (@monumen.nasional), menyatakan bahwa operasional wisata Monas akan tutup selama masa pandemi Covid-19.

Harga Tiket Masuk Wisata Monas

Untuk pembelian tiket masuk Tugu Monas bisa Anda lakukan melalui loket-loket wisata yang terletak di bawah tanah. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk arah yang tersedia setelah tiba di area luar Tugu Monas.

Perlu Anda garis bawahi bahwa pembelian tiket masuk ke dalam Tugu Monas harus menggunakan kartu JakCard. Bagi Anda yang belum memiliki kartu Jakcard, tak perlu repot-repot membuatnya di tempat lain.

Anda akan bisa membeli kartu Jakcard secara langsung di loket pembelian tiket dengan harga Rp20.000 + pengisian saldo aktif kartu sebesar Rp15.000. Untuk keperluan pengisian saldonya, silahkan sesuaikan dengan tarif wisata yang berlaku sebagaimana informasi berikut ini,

  • Tiket untuk anak-anak = Rp2.000
  • Tiket untuk mahasiswa = Rp3.000
  • Tiket untuk dewasa = Rp5.000

Jika Anda ingin berkunjung ke puncak Monas, maka tarif tiket yang perlu dibayarkan adalah :

  • Anak-Anak = Rp4.000
  • Mahasiswa = Rp8.000
  • Dewasa = Rp15.000

Bagaimana, sangat terjangkau bukan?

Daya Tarik dan Fasilitas Wisata di Monumen Nasional

Sejatinya, bangunan tunggu yang menjulang tinggi sudah menjadi daya tarik utama dalam lokasi wisata Monas. Selain itu, masih ada lagi beberapa macam daya tarik wisata lainnya yakni

  • Taman Monas

Di Taman Monas, Anda akan menikmati hamparan rumput hijau serta pepohonan rindang yang menyuguhkan hawa yang sejuk, asri, dan menenangkan. 

Lokasi ini sangat cocok sebagai tempat bersantai bersama sahabat dan keluarga terutama saat sore hari hingga menjelang petang. Anda dapat menikmati indahnya nuansa senja di ibukota dengan tentram dan damai.

  • Lahan untuk Olahraga

Perbedaan lawang sewu dengan sekitar kawasan wisata Monas yang mewarnai makna misteri sesungguhnya, Anda juga akan menemukan bentangan lahan yang luas dan sering dijadikan sebagai tempat olahraga. Salah satu fasilitas olahraga yang tersedia di area wisata Monas adalah lapangan voli.

Selain voli, orang-orang di sana juga kerap melakukan jenis olahraga yang lain seperti berlari, bermain basket, olahraga bulu tangkis, dan lain-lain. Selama tidak mengganggu wisatawan lain, olahraga apapun tetap boleh dilakukan.

  • Air Mancur Menari

Saat malam hari, wisata Monas juga tak kehabisan akal untuk membuat para wisatawannya berdecak kagum. Anda dapat menikmati indahnya atraksi air mancur menari setiap hari Sabtu dan Minggu tanpa perlu keluar biaya sepeserpun.

Biasanya, atraksi ini akan dimainkan dalam dua sesi terpisah di mana sesi pertama akan dimulai pada pukul 19.30 dan sesi kedua pada pukul 20.30. Setiap sesinya, atraksi air mancur menari ini akan berlangsung cukup lama kurang lebih selama 20-30 menit. 

Rute Perjalanan Menuju Wisata Tugu Monas

Ada banyak pilihan moda transportasi sewa mobil jakarta yang bisa Anda gunakan untuk sampai ke lokasi wisata Monas. Bagi Anda yang kebingungan dengan rute perjalanan menuju Monas, silahkan simak ulasan di bawah ini berdasarkan jenis transportasinya.

  • Kendaraan Pribadi

Penggunaan kendaraan pribadi memang jauh lebih fleksibel dan leluasa. Namun, bagi Anda yang masih awam dengan jalanan kota Jakarta, silakan minta bantuan aplikasi Google Maps dan ketik lokasi ‘Parkir IRTI’. 

Selanjutnya, Anda hanya perlu mengikuti rute yang tertera dan memarkirkan kendaraan Anda di area parkir IRTI. Setelah itu, Anda bisa menuju ke lokasi wisata Tugu Monas dengan berjalan kaki. 

Selain jalan kaki, Anda juga bisa kok menggunakan layanan kereta wisata gratis. Apalagi tempat tunggu keretanya juga relatif dekat dengan lapangan parkir IRTI. Tepatnya ada disamping area food court yang bernama Lenggang Jakarta.

  • Commuter Line (KRL)

Sesuai tempat tinggal Anda, silahkan pilih lokasi stasiun KRL terdekat dan pahami rute-rute perjalanannya. Jika masih bingung, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi yang bisa diunduh dari situs resmi KRL.

Setelah Anda berhasil menaiki KRL yang tepat, silahkan turun di Stasiun Gondangdia. Selanjutnya Anda tinggal menuju lokasi wisata Monas dari area Parkir IRTI. 

  • Trans Jakarta

Hampir sama seperti KRL, Anda perlu memahami halte serta koridor bus Trans Jakarta sesuai lokasi asal Anda. Setelah menaiki bus Trans Jakarta, silahkan pilih lokasi berhenti di Halte Balai Kota yang dekat dengan taman margasatwa ragunan. 

Dari Halte Balai Kota, Anda hanya perlu pergi ke lokasi seberang dan sampailah ke pintu masuk wisata Monas.

Tertarik mampir ke Monumen Nasional? Silakan datang dulu ke Kota Jakarta. Jika Anda bingung cara kesananya, yuk hubungi jasa sewa kendaraan di Altha Rent.

Leave a Comment

Your email address will not be published.