wisata kepualauan seribu

Wisata Kepulauan Seribu Jakarta

Wisata Kepulauan Seribu Jakarta, Tawarkan Keindahan Alam yang Mempesona

Kepulauan seribu merupakan salah satu kawasan wisata yang terletak di Jakarta. Destinasi wisata ini berperan sebagai sarana edukasi yang menawarkan keindahan alam. Bila Anda ingin menghilangkan penat sejenak dan menarik diri dari kehidupan ibukota yang runyam, Anda bisa beranjak ke pulau seribu.

Sejarah Pulau Seribu

Sebelum menilik wisata ini lebih jauh, ada baiknya jika Anda kembali ke belakang dan membaca sejarah terbentuknya pulau seribu. Konon katanya, pulau seribu terbentuk akibat koloni binatang yang mati dan tersebar di teluk Jakarta. Kemudian, mulai tumbuh pohon dan tanaman di pulau tersebut.

Sebelum Indonesia dijajah oleh belanda atau VOC, pulau seribu pertama kali disinggahi oleh Portugis. Kala itu, Sunda Pajajaran masih berkuasa di Sunda Kelapa (nama lain Jakarta) sampai tahun 1513. Meskipun begitu, entah mengapa bangsa Portugis tidak meninggalkan banyak jejak di pulau ini.

Berdasarkan catatan sejarah, Belanda memang pernah merancang peta daerah di Indonesia, termasuk Jakarta. Memang terlihat pulau seribu sudah ada pada peta yang dibuat. Bukan hanya itu, beberapa makam tokoh terkenal juga terdapat di pulau seribu, seperti makam Sultan Mahmud Zakaria dan Raja Pandita. Selain itu, Anda bisa melihat peninggalan lain di pulau onrust. 

Ragam Wisata Kepulauan Seribu Jakarta

Ada banyak cara ke menuju kepulauan seribu dengan cara rental bus class yang sangat terjangkau yang bisa Anda tempuh. Lokasinya yang berada di antara Jakarta dan Banten membuat pulau seribu begitu ramai dikunjungi wisatawan. Selain lokasinya cukup strategis, Anda juga bisa merasakan liburan menyenangkan di sini. Anda dapat melakukan apa saja, seperti:

  • Wisata Ilmu Pengetahuan

Tidak jauh halnya dengan taman margasatwa ragunan dengan wisata pulau seribu dapat dijadikan tempat yang tepat untuk berwisata sambil belajar. Selain merelaksasikan tubuh dan pikiran, Anda juga bisa menambah wawasan dengan mengunjungi wisata:

  1. Penangkaran penyu hijau dan penyu sisik. Disini, Anda bisa melihat bagaimana penyu langka berkembang biak dan hidup
  2. Melihat aneka tumbuhan langka, seperti butun, waru, cemara laut, cangkudu, dan nyamplung
  3. Menilik pohon langka yang usianya sudah ratusan tahun
  4. Belajar konservasi hutan mangrove dan penangkaran hiu
  • Wisata Bahari

Dari namanya saja, seharusnya Anda sudah tahu bahwa wisata utama dari pulau seribu adalah keindahan bahari. Disini, Anda bisa menemukan ratusan spot istimewa untuk menikmati pesona alam bawah laut.

Tersedia berbagai pulau kosong yang bisa digunakan untuk diving atau snorkeling. Selain itu, jarak antar pulau juga jika terlalu jauh, sehingga Anda bisa menjelajahi dua atau tiga pulau sekaligus.

Bila Anda begitu mengidolakan keindahan terumbu karang Raja Ampat, Anda bisa menemukan hal serupa di pulau seribu. Bahkan, Anda bisa berenang di laut lepas sambil ditemani aneka ikan cantik dan biota laut langka, seperti penyu hijau dan penyu sisik.

  • Wisata Budaya

Selanjutnya, Anda bisa melakukan wisata budaya di pulau ini. Kisah yang melatarbelakangi terbentuknya pulau seribu bisa menjadi alasan kuat mengapa Anda harus berwisata budaya disini. Anda bisa melihat aneka bangunan bersejarah era penjajahan Belanda di pulau kahyangan, pulau onrust, pulau kelor, atau pulau bidadari.

  • Wisata Privat

Liburan menjadi salah satu momen untuk menenangkan pikiran dan menarik diri dari kehidupan sosial sejenak. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang bermimpi untuk berwisata secara privat.

Tak perlu khawatir, Anda bisa menyewa pulau privat di kawasan pulau seribu. Meskipun harus merogoh kocek yang cukup dalam, Anda dan keluarga akan dimanjakan dengan fasilitas yang sangat mewah.

Rekomendasi Pulau di Kepulauan Seribu

Dinamakan pulau seribu karena wisata ini terdiri dari banyak pulau, meskipun jumlahnya tak pasti 1000. Biasanya, wisatawan akan membeli paket wisata pulau seribu bisa menggunakan sewa mobil jakarta agar liburan lebih tertata. 

Namun, bila Anda ingin menikmati keindahan pulau seribu secara mandiri, Anda harus memilih pulau yang tepat, bersih, dan berpenghuni. Berikut rekomendasi pulau di kawasan wisata ini.

  • Pulau Pramuka

Pertama, Anda bisa mengunjungi destinasi pulau pramuka. Menawarkan keindahan alam dan bahari yang luar biasa, tak heran jika wisata ini kerap dijadikan sebagai spot snorkeling. Disini, Anda bisa melihat berbagai terumbu karang dan ikan yang indah dan berwarna-warni.

Pulau pramuka sangat terkenal sebagai lokasi penangkaran penyu. Jadi, selain menikmati pesona bahari, Anda juga bisa belajar sambil mengamati penyu dari usia muda hingga dewasa. 

  • Pulau Pari

Selanjutnya, Anda bisa mengunjungi wisata pulau pari. Disini, Anda bisa menikmati suasana laut berwarna bening kehijauan dengan hamparan pasir putih yang luas. Dari pelabuhan kali adem Muara Angke, Anda bisa menempuh perjalanan selama 2 jam. Bila ingin lebih cepat, silahkan naik speedboat dari Marina Ancol.

  • Pulau Perak

Pulau perak terletak di Kepulauan Seribu Utara. Destinasi wisata ini menawarkan keindahan alam nan eksotis dengan aktivitas bahari yang menarik. Hamparan pasir putih di bibir pantai pulau perak sangat bersih, sehingga Anda bisa bermain dengan bebas di sekitar pantai.

Karena lokasinya cukup jauh dari Jakarta, pulau perak masih terbilang asri dan bebas polusi. Sehingga, tak heran jika warna lautnya bening kebiru-biruan.

Untuk ke sini, Anda bisa memulai perjalanan dari Muara Angke menggunakan kapal sekitar 4 sampai 5 jam menuju pulau harapan. Selain itu, bisa juga berangkat dari dermaga Ancol naik speedboat sekitar 2 jam.

Bila sudah sampai pulau harapan, Anda bisa mencari penyewaan kapal dengan harga bervariasi, tergantung ukuran dan jenis kapal. Dari pulau harapan ke pulau perak, Anda akan menghabiskan waktu perjalanan sekitar 30 menit.

  • Pulau Macan

Berikutnya, ada pulau macan. Perairan biru nan eksotis dengan garis pantai yang indah membuat pulau macan tak pernah sepi pengunjung, terutama di hari libur. Apalagi, pulau ini menawarkan penginapan dengan pemandangan layaknya Maldives.

Umumnya, penginapan disini terbuat dari kayu, tapi didesain sangat nyaman dan keren. Wisata ini cocok untuk Anda yang sedang mencari tempat berbulan madu.

  • Pulau Tidung

Pulau Tidung dibagi menjadi dua bagian, yakni tidung besar dan tidung kecil. Kedua bagian ini dihubungkan oleh jembatan fenomenal bernama jembatan cinta. Disini, Anda bisa menikmati sunset indah bersama pasangan.

Gemerlap lampu yang menghiasi jembatan dan deburan ombak akan menambah suasana romantis di malam hari. Untuk berkeliling di area pulau, Anda bisa menyewa sepeda dengan mengeluarkan uang sekitar Rp15.000 saja.

Selain itu, masih ada pulau lain yang bisa Anda kunjungi, seperti pulau semak daun, pulau pelangi, pulau bidadari, pulau bira, dan lain sebagainya. Sebelum berangkat, ada baiknya jika Anda mengecek harga tiket kepulauan seribu terlebih dahulu. Pasalnya, harga penginapan, wisata, hingga akomodasi ke setiap pulau berbeda.

Untuk sampai ke dermaga, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Namun, resikonya kendaraan Anda harus menginap beberapa hari di sekitar dermaga Ancol. Demi keamanan kendaraan dan keterangan Anda selama liburan, lebih baik Anda menyewa mobil dari jasa rental.

Salah satu jasa rental yang bisa Anda pilih adalah Altha Rent. Harga yang ditawarkan Altha Rent terbilang sangat terjangkau, mengingat pelayanannya yang memuaskan dan memprioritaskan kenyamanan pelanggan. Bila masih ragu, cek testimoninya di situs https://altha-rent.com

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.