Taman Margasatwa Ragunan Jakarta - Altha Rent

Taman Margasatwa Ragunan Jakarta

8 Pesona Taman Margasatwa Ragunan Jakarta

Untuk mengisi waktu luang, Anda bisa berjalan-jalan bersama anggota keluarga ke Taman Margasatwa Ragunan. Disini, Anda bisa melihat aneka satwa dengan lingkungan alam yang masih asri. Selain itu, Anda juga bisa menikmati beberapa wahana menarik di wisata edukasi ini.

Sekilas Tentang Ragunan

Membahas wisata di Travel Semarang Jakarta memang seakan tak ada habisnya karena sangat banyak. Salah satu wisata edukasi yang layak untuk Anda kunjungi saat berada di Jakarta adalah Kebun Binatang Ragunan.

Anda bisa membawa anggota keluarga berlibur sambil belajar aneka spesies hewan. Ragunan sendiri dibuka pada tahun 1864 silam. Alamat Ragunan adalah di Pasar Minggu, Jakarta Selamat. Karena lokasi Ragunan cukup strategis, Anda bisa kesini menggunakan kendaraan apa saja. Namun, disarankan untuk menggunakan mobil agar lebih nyaman.

Luas Ragunan diperkirakan mencapai 147 hektar, sehingga tak heran jika Anda bisa melihat 2101 satwa dengan hutan tropis yang berisi lebih dari 50.000 pepohonan. Bukan sekadar satwa biasa, Anda bahkan bisa melihat satwa yang sudah hampir punah.

Ada Apa Saja di Taman Margasatwa Ragunan?

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit di daerah Jakarta, tentu saja Ragunan menawarkan berbagai aktivitas menarik. Ada apa saja di Ragunan? Mari simak daftarnya berikut ini.

  • Taman Margasatwa

Dari namanya saja, Anda seharusnya sudah tahu bahwa Ragunan menawarkan taman margasatwa yang sangat besar. Hewan kebun binatang Ragunan sangat bervariasi dan terjaga kesehatannya.

Setelah puas melihat hewan, Anda bisa duduk santai atau berjalan-jalan di taman margasatwa ini. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan patung hewan, seperti patung orang utan, patung gajah, maupun patung komodo sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

Selain itu, taman margasatwa ini juga menyediakan batu refleksi yang bisa digunakan secara gratis. Tak perlu khawatir, Anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun untuk masuk ke taman margasatwa ini.

  • Taman Satwa Anak

Tujuan dari berlibur bersama keluarga adalah untuk menyenangkan anak. Namun, bagaimana jika anak Anda merasa bosan melihat aneka satwa di situs ini? Tenang saja, Anda bisa beralih ke taman satwa anak.

Sesuai namanya, taman satwa anak yang memang dikhususkan untuk pengunjung anak-anak. Taman ini memuat hewan favorit anak-anak, seperti burung kakatua, kelinci, ikan, dan lain sebagainya.

Selain itu, taman satwa anak juga menyediakan wahana menarik, seperti perosotan, ayunan, hingga jaring laba-laba. Untuk masuk kesini, Anda perlu membayar tiket lagi sebesar Rp2.500 per orang.

  • Pusat Primata Schmutzer 

Wisata terfavorit di Taman Margasatwa Ragunan adalah Pusat Primata Schmutzer. Disini, Anda bisa melihat aneka primata, seperti orang utan, gorilla, simpanse, dan lain sebagainya. Konsep open zoo yang diusung Ragunan membuat Anda merasa seperti sedang di habitat aslinya.

Dengan begitu, Anda bisa melihat langsung sambil mempelajari kehidupan asli hewan primata. Selain itu, Anda juga bisa melihat film tentang satwa di teater. Untuk masuk ke Pusat Primata Schmutzer, Anda harus merogoh sedikit kocek.

  • Taman Perahu Angsa

Bila Anda ingin merasakan suasana sejuk sambil mengayuh perahu angsa di danau buatan, Anda bisa menjajal taman perahu angsa. Disini, Anda bisa menyewa perahu angsa dengan harga Rp15.000 per orang.

  • Kereta Keliling

Apakah Anda lelah berjalan seharian di taman margasatwa ini? Jika iya, Anda bisa menaiki kereta untuk mengelilingi Ragunan. Untuk menaiki kereta ini, Anda perlu membayar uang sekitar Rp7.500 per orang.

  • Gajah Tunggang

Siapa bilang jika menaiki gajah harus terbang dulu ke Lampung? Kini, Anda bisa naik gajah di Jakarta, tepatnya di kebun binatang Ragunan. Gajah memang termasuk hewan liar. Meskipun begitu, gajah disini sudah jinak dan tidak membahayakan.

Perlu diingat, Anda hanya bisa menunggangi gajah disini pada akhir pekan. Untuk menikmati wahana ini, silahkan siapkan uang sebesar Rp7.500 per orang.

  • Kuda Tunggang

Bukan hanya gajah, tempat wisata ini juga menyediakan kuda tunggang. Untuk menunggangi kuda, Anda perlu membayar sebesar Rp5.000 per orang. Meskipun sudah jinak, Anda tetap harus berhati-hati dan memperhatikan instruksi dari pawangnya supaya keamanan tetap terjaga.

  • Pentas Satwa

Terakhir, Anda bisa menyaksikan pentas satwa. Disini, Anda bisa melihat atraksi beruang naik sepeda, burung kakatua yang bermain gelang warna-warni, hingga orang utan yang bisa berhitung.

Aneka atraksi hewan ini dimulai dari pukul 10.00 WIB sampai jam tutup Ragunan. Untuk masuk ke pentas satwa, Anda perlu membayar Rp4.000.

Fasilitas Taman Margasatwa Ragunan 

Bisa menggunakan sewa mobil jakarta untuk berkunjung di  kebun binatang pertama di Indonesia sekaligus yang terbesar, ragunan Jakarta menyediakan fasilitas lengkap yang siap menunjang liburan Anda. Mulai dari tempat duduk, toilet, tempat makan, hingga mushola ada disini.

Di era pandemi seperti sekarang ini, Ragunan juga sangat mengutamakan protokol kesehatan. Hal ini terbukti dari adanya fasilitas tempat cuci tangan di beberapa titik. Demi kenyamanan dan keamanan bersama, aneka fasilitas di Ragunan selalu dibersihkan secara rutin.

Setelah lelah seharian mengelilingi Ragunan, Anda bisa menginap di hotel terdekat bila Anda berasal dari luar Jakarta. Beberapa penginapan di sekitar ragunan adalah Jakarta Madrix, Griya Regato, Wisma SM, Maven Cilandak Hotel, dan lain sebagainya. Untungnya lagi, berbagai penginapan ini menawarkan harga terjangkau.

Bila Anda ingin membawa buah tangan dari wisata ini, Anda bisa mengunjungi toko cendera mata. Disana, Anda bisa membeli aneka pernak-pernik yang mengusung tema Ragunan atau satwa di dalamnya.

Harga Tiket Masuk Ragunan

Meskipun menawarkan berbagai wahana menarik dengan ribuan fauna di dalamnya, Anda tetap bisa berkunjung ke wisata ini dengan harga terjangkau. Untuk orang dewasa, tiket masuknya dibanderol mulai harga Rp4.000. Sementara, anak-anak bisa masuk hanya dengan membayar Rp3.000.

Selain itu, Anda juga harus mengeluarkan biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk motor, Rp6.000 untuk mobil, Rp12.500 untuk bus sedang, dan Rp15.000 untuk bus besar. Untuk sepeda, dikenakan biaya parkir sebesar Rp1.000. 

Selain biaya masuk dan parkir, Anda juga harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk menaiki permainan atau masuk ke wahana tertentu di Taman Margasatwa Ragunan. Misalnya, pusat Primata Schmutzer dibanderol mulai dari Rp6.000 saat weekday dan Rp7.500 saat weekend.

Jam Buka Ragunan

Destinasi wisata yang satu ini buka pada hari Selasa sampai Minggu. Jam buka kebun binatang Ragunan adalah pukul 07.00 sampai 14.30 WIB. Bila ingin menikmati liburan privat bersama keluarga, Anda bisa datang pada hari kerja, seperti Selasa sampai Kamis.

Pada hari Jumat, kebun binatang ini sudah mulai dipadati pengunjung. Terlebih, bila Anda datang hari Minggu. Antrian di loket akan sangat membludak.

Namun, di era pandemi seperti sekarang ini, Anda harus membeli tiket online Ragunan guna membatasi jumlah pengunjung agar penyebaran virus Covid-19 bisa dicegah. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui peraturan kebun binatang Ragunan saat ini agar bisa menikmati wahana dengan nyaman.

Untuk mendapatkan kesan liburan yang lebih menyenangkan di Taman Margasatwa Ragunan, Anda bisa menyewa mobil di Altha Rent. Berbagai jenis mobil bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan budget. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi website https://altha-rent.com.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.