Embung Batara Sriten Jogja

Embun Batara Sriten: Membangun Kemandirian Lokal di Tengah Krisis Iklim

Embun Batara Sriten – Di tengah krisis iklim yang semakin meningkat, kebutuhan akan air bersih dan ketersediaan sumber daya air yang berkelanjutan menjadi tantangan yang semakin mendesak. Banyak daerah di dunia mengalami kekeringan yang parah, dan warga di daerah terpencil seringkali sulit untuk mendapatkan akses ke air bersih yang layak. Oleh karena itu, perlu adanya solusi inovatif untuk memenuhi kebutuhan air dan membangun kemandirian di masyarakat.

Embung Batara Sriten adalah salah satu solusi yang menarik dan efektif untuk mengatasi masalah kekurangan air. Embung Batara Sriten merupakan sebuah konstruksi yang berfungsi untuk menampung air hujan dan mengolahnya menjadi sumber air yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Konsep embung ini berasal dari kearifan lokal Indonesia dan telah berhasil diterapkan dalam beberapa proyek di berbagai daerah.

Pesona Embung Batara Sriten

Apa itu Embung Batara Sriten?

Embun Batara Sriten adalah sebuah sistem pengumpulan dan penyimpanan air yang dirancang untuk mengatasi masalah kekurangan air di daerah terpencil. Embung ini menggunakan prinsip pengumpulan air hujan dan penyaringan alami untuk menghasilkan air bersih yang dapat digunakan oleh masyarakat sekitar.

Proses Pengumpulan Air Hujan

Embun Batara Sriten menggunakan atap bangunan atau alat khusus yang dirancang untuk menampung air hujan. Atap atau alat ini memiliki permukaan yang dirancang sedemikian rupa untuk meningkatkan efisiensi pengumpulan air. Air hujan yang terkumpul kemudian dialirkan melalui saluran menuju tangki penyimpanan.

Penyaringan Alami

Setelah air hujan dikumpulkan dalam tangki, proses penyaringan alami dimulai. Embung Batara Sriten dilengkapi dengan filter alami yang menggunakan material seperti kerikil, pasir, dan arang untuk menyaring partikel-partikel kotoran dan menghilangkan bau serta rasa yang tidak diinginkan. Proses penyaringan ini membantu menghasilkan air yang lebih bersih dan aman untuk digunakan.

Manfaat Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten

Kemandirian Air

Salah satu keuntungan utama Embung Batara Sriten adalah membangun kemandirian air di daerah terpencil. Dengan memiliki embung ini, masyarakat setempat dapat mengumpulkan dan menyimpan air hujan untuk digunakan saat kebutuhan air meningkat, seperti saat musim kemarau atau saat kebutuhan air bertambah karena pertumbuhan penduduk.

Nama TravelAltha Rent
Alamat agentJl. Jatiluhur No.56 Ngesrep Kec Banyumanik Kota Semarang Jawa Tengah 50261
Telp.081329009715
WhatsApp081329009715
JurusanJakarta- Bandung-Cirebon- Tegal- Semarang-Klaten-Sukoharjo
ArmadaHiace, Innova reborn, Avanza, Elf, Medium Bus
FasilitasAc, Musik, Bagasi
JadwalJam 07.00, 12.00, 15.00, 18.00, 20.00
Harga TiketRp.450.000 / orang
Websitehttp://altha-rent.com/

Mengurangi Ketergantungan Terhadap Air Permukaan

Embun Batara Sriten juga membantu mengurangi ketergantungan terhadap sumber air permukaan seperti sungai dan danau. Dalam kondisi lingkungan yang sulit, sumber air permukaan sering kali mengering atau tercemar. Embung Batara Sriten memberikan alternatif yang lebih berkelanjutan dan dapat diandalkan dalam memenuhi kebutuhan air.

Menjaga Kualitas Air

Dengan proses penyaringan alami yang dimiliki oleh Embung Batara Sriten, kualitas air yang dihasilkan lebih baik dibandingkan dengan sumber air lain yang mungkin tersedia. Penyaringan alami membantu menghilangkan partikel-partikel kotoran dan bahan kimia yang mungkin terdapat dalam air hujan, sehingga menghasilkan air yang lebih bersih dan aman untuk dikonsumsi.

Embung Batara Sriten Jogja

Tips dan Rekomendasi

1. Rencanakan pembangunan embung dengan mempertimbangkan kondisi iklim setempat. Perhatikan pola curah hujan, topografi, dan kebutuhan air masyarakat sekitar.

2. Melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan dan pemeliharaan embung. Dengan melibatkan masyarakat, mereka akan merasa memiliki dan bertanggung jawab terhadap embung yang dibangun.

3. Lakukan pemeliharaan dan pembersihan secara berkala pada embung. Pastikan saluran pengumpulan air dan filter penyaringan tetap berfungsi dengan baik agar air yang dihasilkan tetap bersih dan aman.

4. Sosialisasikan manfaat Embung Batara Sriten kepada masyarakat sekitar. Berikan pemahaman mengenai pentingnya menjaga kelestarian sumber daya air dan cara memanfaatkannya dengan bijak.

5. Dukung inisiatif dan proyek Embung Batara Sriten di daerah Anda. Dengan mendukung pengembangan embung ini, Anda turut berperan dalam membangun kemandirian air di daerah terpencil dan mengatasi masalah kekurangan air.

Nama TravelAltha Rent
Alamat agentJl. Jatiluhur No.56 Ngesrep Kec Banyumanik Kota Semarang Jawa Tengah 50261
Telp.081329009715
WhatsApp081329009715
JurusanJakarta- Cikampek- Tegal- Semarang- Salatiga- Klaten-Solo-Surakarta
ArmadaHiace, Innova reborn, Avanza, Elf, Medium Bus
FasilitasAc, Musik, Bagasi
JadwalJam 07.00, 12.00, 15.00, 18.00, 20.00
Harga TiketRp.450.000 / orang
Websitehttp://altha-rent.com/

Kontak Marketing Altha Rent
Whatsapp 081329009715

  1. Pertama Anda akses dulu website resmi dari Altha Rent untuk mendapatkan akses nomor resminya.
  2. Setelah Anda masuk ke dalam situs tersebut maka akan ada akses untuk layanan nomor kontak dari Altha Rent. Anda akses saja nomor kontak tersebut melalui aplikasi WhatsApp.
  3. Jika sudah mendapatkan akses kontaknya maka Anda langsung saja melakukan panggilan ke nomor tersebut.
  4. Tanpa menunggu lama maka pihak dari Altha Rent akan menanggapi panggilan tersebut lewat admin. Anda langsung tanyakan saja ketersediaan layanan sewa Hiace Premio Solo dan nantinya pihak admin akan memberikan informasi kepada Anda.
  5. Setelah itu Anda isi saja data yang diperlukan untuk kepentingan sewa Hiace ini. Jika sudah lanjut ke prose pembayaran sewanya.
  6. Nanti pihak admin akan memberikan kepada Anda pilihan pembayaran baik itu via transfer maupun lewat pembayaran langsung. Anda pilih saja metode pembayaran yang paling nyaman untuk Anda.
  7. Jika sudah begini maka nanti ketika jadwal sewa sudah tiba Anda akan dijemput bersama supir ke lokasi Anda berada.

Kesimpulan

Embun Batara Sriten adalah solusi inovatif untuk mengatasi masalah kekurangan air di daerah terpencil. Dengan pengumpulan air hujan dan proses penyaringan alami, embung ini mampu menyediakan air bersih yang dapat digunakan oleh masyarakat sekitar. Embung Batara Sriten juga membantu membangun kemandirian air dan mengurangi ketergantungan terhadap sumber air permukaan. Dengan adanya embung ini, diharapkan masyarakat dapat menghadapi krisis air dengan lebih baik dan menjaga keberlanjutan sumber daya air di masa depan.

Rate this post

Author

Scroll to Top