taman pintar jogja

Mau Merasakan Keseruan Belajar Sambil Berwisata? Main ke Taman Pintar Yogyakarta Saja!

Mau Merasakan Keseruan Belajar Sambil Berwisata? Main ke Taman Pintar Yogyakarta Saja!

Banyak orang bilang kalau Jogja adalah kota istimewa. Ya, Jogja memang telah lama menjadi salah satu kota favorit masyarakat Indonesia untuk menuntut ilmu maupun berwisata. Berbicara masalah ilmu dan wisata, ada satu objek wisata yang perlu Anda kunjungi yaitu Taman Pintar Yogyakarta.

Di sana, Anda akan menemukan banyak sekali hal menarik yang mengedukasi dan dapat menghibur hati. Penasaran kan sama objek wisata Jogja yang satu ini? Simak ulasannya di bawah ini!

Mengenal Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar merupakan objek wisata Jogja yang cocok untuk segala usia baik itu anak – anak, remaja, hingga orang dewasa. travel yogyakarta malang Objek wisata ini pun sangat mudah untuk Anda jangkau karena terletak tak jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Tahukah Anda bahwa ternyata pembangunan Taman Pintar ini terinspirasi dari keinginan pemerintah Yogyakarta untuk membangun pusat wisata ilmu pengetahuan dengan tetap menghadirkan keseruan seperti layaknya Taman Mini Indonesia Indah yang ada di Jakarta.

Dengan begitu, para wisatawan dapat mempelajari beberapa jenis ilmu pengetahuan secara asyik tanpa meninggalkan unsur rekreatif lainnya. 

Ibarat sekolah yang dikemas sebagai tempat wisata, pengunjung dapat menikmati berbagai jenis kegiatan rekreasi sekaligus wahana edukasi yang seru dan asyik. Jika Anda hendak berkunjung ke Jogja, jangan lupa ajak keluarga Anda untuk mampir ke objek wisata ini ya!

Wahana di Taman Pintar Yogyakarta

Sebagai lokasi wisata berbasis IPTEK, maka wajar saja jika wahana yang ada di Taman Pintar ini dapat membuat para pengunjung jadi makin tahu dan makin pintar. 

Beberapa dari Anda mungkin akan berpikir bahwa wahana di sana cenderung membosankan selayaknya kegiatan belajar pada umumnya. Eits, jangan buru – buru menyimpulkan jika belum tahu kebenarannya. 

Setidaknya, Anda bisa cari tahu dulu macam – macam wahana seru yang dihadirkan oleh Taman Pintar Jogja dengan membaca beberapa poin penjelasan di bawah ini.

  • Gedung Oval

Sesuai namanya, gedung oval merupakan bangunan berbentuk lingkaran oval sebagai salah satu wahana rekreasi edukasi di Taman Pintar. Di gedung ini, Anda bisa menemukan berbagai jenis alat IPTEK interaktif dan edukatif.

Pasalnya, gedung oval ini sengaja dibangun untuk menunjukkan kepada para pengunjung bahwa sains adalah ilmu pengetahuan yang asyik. 

Setelah berkunjung ke gedung oval, bisa jadi Anda akan merasa lebih jatuh cinta dengan ilmu pengetahuan alam seperti fisika, geologi, astronomi, dan lain sebagainya. Memangnya ada alat IPTEK apa saja sih di dalam gedung oval? Ini dia beberapa alat demonstrasi IPTEK yang bisa Anda temukan di gedung oval Taman Pintar:

  • Generator Van de Graff, berguna untuk mendemonstrasikan efek dari listrik statis yang bisa membuat rambut di kepala wisatawan jadi berdiri tegak. Seru kan
  • Generator Pedal, hanya dengan mengayuhkan kaki pada pedal yang tersedia, para wisatawan dapat membuat lampu yang semula mati jadi menyala karena adanya listrik yang dihasilkan dari hasil kayuhan tadi. 
  • Zona Gempa Bumi, wahana ini sengaja dibuat untuk menghadirkan pengalaman gempa yang nyata bagi wisatawan yang mungkin belum pernah mengalami kejadian bumi berguncang 
  • Terowongan Ilusi, wahana ini akan menunjukkan kepada Anda bahwa sains dapat menghasilkan sebuah fenomena unik, ilusif, dan mind blowing.
  • Zona Tata Surya, setiap pengunjung dapat merasakan sensasi mengitari planet – planet di sistem tata surya dengan cara yang lebih menyenangkan dan lebih mudah untuk diingat

Selebihnya, bisa Anda temukan sendiri saat berkunjung ke Taman Pintar nanti

  • Gedung Kotak

Selain gedung oval, Anda juga akan berjumpa dengan gedung berbentuk kotak yang ukurannya jauh lebih besar daripada gedung oval. Di gedung kotak, pengunjung akan disuguhkan dengan wahana wisata edukasi yang lebih canggih dan condong ke arah penerapan.

Adapun, beberapa wahana yang bisa Anda temukan di dalam gedung kotak Taman Pintar Yogyakarta, antara lain:

  • Zona Teknologi Populer, pengunjung dapat menjajal beragam jenis penerapan teknologi canggih terbaru seperti VR (Virtual Reality), permainan games real play, dan lain-lain
  • Zona Dino Adventure, zona ini sangat cocok bagi Anda yang penasaran dengan kehidupan dinosaurus secara lengkap dengan cara berkeliling menggunakan kereta
  • Hand on Science, pengunjung dapat mempraktekkan kegiatan eksperimen sains secara langsung dengan didampingi oleh para laboran yang sudah terlatih
  • Planetarium

Apakah Anda penasaran bagaimana rupa ruang angkasa tempat bumi ini berada? Di Planetarium Taman Pintar, Anda bisa lho merasakan pengalaman menjelajah ruang angkasa dengan bantuan proyektor canggih sebagai alat peraga benda – benda angkasa.

Bahkan, Anda juga bisa menonton tayangan video ruang angkasa sembari berbaring di kursi baring yang tersedia dengan nyaman dan tampak nyata. Jika Anda atau anak Anda suka dengan hal – hal yang berbau astronomi, wahana ini akan jadi tempat yang patut untuk dikunjungi.

  • Kampung Kerajinan

Selain otak, keterampilan tangan kita juga perlu untuk diasah agar lebih terampil dalam membuat karya kerajinan tangan secara kreatif. 

Nah, Taman Pintar Yogyakarta juga mewadahi fasilitas belajar praktek keterampilan tangan secara langsung dan dipandu oleh pelatih – pelatih profesional. Adapun, beberapa lokasi yang bisa Anda jajaki selama mengitari Kampung Kerajinan antara lain:

  • Kreasi Batik, untuk melatih kemampuan melukis di atas kanvas kain dengan pena canting dan tinta lilin
  • Kreasi gerabah, tempat yang cocok untuk belajar mengubah gumpalan tanah liat menjadi produk gerabah cantik
  • Lukis Kaos, cocok untuk anak-anak yang suka melakukan aktivitas menggambar dan mewarnai

Lokasi Wisata Taman Pintar

Sudah tahu kan gambaran keseruan singkat yang bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke Taman Pintar nanti? Saat ke sana nanti, Anda bisa mengunjungi objek wisata IPTEK ini yang terletak di pusat kota Yogyakarta tepatnya di Jl. Panembahan Senopati No. 1-3.

Bagusnya lagi, letak objek wisata Taman Pintar juga berdekatan dengan beberapa tempat wisata seru lainnya seperti Benteng Vredeburg, Taman Budaya, Gedung Agung, dan Societeit Militer.

Jam Operasional Wisata

Objek wisata Taman Pintar memiliki jam operasional yang relatif singkat dibanding dengan objek wisata pada umumnya. Taman Pintar Jogja dibuka pada pukul 08.30 WIB dan tutup pada pukul 16.00 WIB.

Selain itu, Taman Pintar Jogja akan dibuka setiap hari Selasa – Minggu dan libur pada hari Senin naik travel jakarta yogyakarta. Jika hari libur nasional jatuh pada hari Senin, maka pihak pengelola akan tetap membuka objek wisata Taman Pintar dan siap menyambut kedatangan Anda.

Harga Tiket Masuk Wisata 

Untuk biaya tiket masuknya, Anda hanya perlu menyediakan uang sebesar Rp18.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp10.000 untuk setiap orang anak. Perlu Anda ketahui bahwa harga tersebut belum termasuk tiket mencoba wahana yang tersedia di Taman Pintar Jogja.

Setiap wahana memiliki ketentuan harga yang berbeda-beda. Jadi pastikan, Anda membawa sejumlah uang cash dengan jumlah cukup untuk menjajal wahana-wahana seru yang Anda mau.

Bagaimana, tertarik berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta? Jika Anda memiliki masalah di transportasi menuju ke lokasi wisata, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil di Altha-Rent agar perjalanan jadi lebih asyik dan leluasa. Selamat berwisata!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.