makanan kering khas semarang

Makanan Kering Khas Semarang Untuk Oleh-oleh

Makanan Kering Khas Semarang Untuk Oleh-oleh

Kota Semarang merupakan salah satu kota tujuan wisata yang banyak diminati oleh orang-orang. Ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah ini terkenal akan sebutan kota lumpia. Selain itu, masih banyak lagi makanan kering khas Semarang yang bisa dijadikan oleh-oleh ketika Anda berkunjung kesana.

Makanan kering banyak dipilih oleh wisatawan sebagai oleh-oleh karena tahan lama. Karena perjalanan pulang yang cukup lama dapat membuat kondisi makanan berubah dan menyebabkan makanan tak lagi enak untuk dimakan. Berikut ini rekomendasi oleh-oleh beserta harganya.

8 Oleh-Oleh Terkenal dari Semarang dan Harganya

Sewa Mobil Toyota Fortuner Semarang Ketika pulang berwisata atau berpergian, Anda pasti sering ditanyakan tentang oleh-oleh. Misalnya, Anda baru saja berlibur di Kota Semarang dan mengunjungi banyak lokasi wisata seperti, Masjid Agung, Sam Poo Kong, Lawang Sewu, Maerokoco, dan lainnya.

Anda tentunya tidak ingin pulang dengan tangan kosong bukan? Tidak lengkap rasanya jika berwisata tanpa membawa buah tangan untuk dibawa pulang. Anda tak perlu bingung memilih, berikut ini ada beberapa makanan khas Semarang yang bisa dijadikan oleh-oleh.

  • Lontong Spekkoek Waiki

Makanan khas Semarang yang pertama adalah Lontong Spekkoek Waiki. Mendengar kata lontong, pasti yang anda bayangkan adalah olahan beras yang dibungkus daun pisang. Namun berbeda dari lontong biasanya. Lontong ini adalah kue lapis legit yang digulung.

Kue ini memiliki tekstur yang lembut dengan rasa manis yang memanjakan lidah Anda. Bentuknya yang unik menambah cita rasa kue ini menjadi lebih kaya. Harganya pun terjangkau, cukup dengan 18 ribu Rupiah Anda sudah bisa merasakan lontong unik ini.

Untuk membeli Lontong Spekkoek Waiki Anda dapat mengunjungi pusat oleh-oleh khas Semarang di jalan-jalan besar ataupun pasar tradisional. Kuliner ini wajib untuk dijadikan buah tangan karena selain rasanya, kue ini juga tahan lama sehingga tak mudah basi dalam perjalanan pulang.

  • Bandeng Presto

Olahan aneka bandeng menjadi salah satu oleh-oleh favorit dari para wisatawan. Ada berbagai menu yang dapat Anda pilih diantaranya bandeng duri lunak, bandeng asap dan otak-otak  yang terbuat dari ikan bandeng.

Bandeng Juwana adalah salah satu tempat yang diminati oleh para pengunjung, dengan merogoh kocek sebesar 50 ribu Rupiah untuk setiap kilonya. Anda sudah dapat menikmati gurihnya rasa ikan bandeng yang khas. Anda juga bisa memilih apakah makanan akan dimakan ditempat atau dibungkus.

Lokasi dari Bandeng Juwana bertempat di Jalan Pandanaran 57 dan Jalan Pamularsih 70. Tunggu apa lagi bagi Anda pecinta kuliner Semarang jangan sampai lupa membeli olahan bandeng untuk dibawa pulang. Karena rasanya dijamin tak akan mengecewakan.

  • Brilliant Cake

Bagi Anda yang menyukai aneka cake, pastikan mencicipi Brilliant Cake asal Semarang ini. Roti kekinian ini memiliki cita rasa manis yang khas dan sangat lezat. Dengan dihiasi berbagai topping menarik yang membuat tampilannya menjadi semakin cantik.

Topping juga memperkaya rasa dari cake ini. Tersedia berbagai topping rasa mulai dari keju, coklat, almond dan kismis. Anda dapat memilih yang sesuai dengan selera dan keinginan. Harganya pun terjangkau untuk satu dusnya seharga 100 ribu Rupiah.

Untuk membelinya Anda dapat mengunjungi Istana Brillian di Jalan Simpang Lima di Kota Semarang. Cake ini juga tahan lama dan merupakan buah tangan yang cantik untuk diberikan ke orang terdekat. 

  • Brownies Opium

Selain Brilliant Cake ada juga brownies yang terkenal sebagai ciri khas Kota Semarang yaitu Brownies Opium. Brownies coklat yang manis dan lumer dimulut ini dijamin membuat ketagihan untuk terus memakannya. Terutama bagi Anda pecinta kuliner berbau coklat.

Harga untuk satu dus brownies ini cukup terjangkau. Hanya dengan 25 ribu Rupiah saja Anda sudah bisa membawa pulang Brownies Opium yang lezat ini. Anda dapat membeli kuliner khas ini di Jalan Jati Raya No. F-12C Banyumanik atau di Jalan Erlangga Barat 7 No.6 Kota Semarang.

  • Torakur

Makanan kering khas Semarang selanjutnya adalah Torakur alias tomat rasa kurma. Torakur merupakan manisan yang bahannya terbuat dari tomat yang telah dikeringkan. Tekstur dari makanan khas ini mirip seperti kurma. Manisan ini termasuk makanan yang bisa disimpan dalam waktu lama.

Untuk itu makanan ini menjadi salah satu oleh-oleh yang sangat cocok bagi Anda wisatawan yang jauh dari Semarang. Harga yang dipatok pun terjangkau. Cukup dengan 20 ribu Rupiah, Anda sudah bisa membeli se-dus Torakur.

Mencari tempat yang menjual Torakur juga mudah. Oleh-oleh khas ini bisa banyak ditemukan di pusat oleh-oleh ataupun pasar tradisional di Kota Semarang.

  • Kue Sarang Madu

Kue Sarang Madu adalah kuliner khas selanjutnya. Camilan lezat yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan dengan topping gula merah ini dapat dengan mudah di temui di kota ini. Mulai dari pusat oleh-oleh hingga pasar tradisional.

Harga dari makanan kering khas Semarang  ini terjangkau mulai dari 28 ribu Rupiah per dus. Makanan kering ini bertahan lama dan cocok untuk oleh-oleh. Bahkan Kue Sarang Madu dapat bertahan hingga 2 bulan lamanya.

  • Roti Ganjel Rel (Gandjelrel)

Roti yang terbuat dari tepung tapioka, kayu manis, air santan, ditambah dengan biji wijen sebagai toppingnya ini merupakan salah satu makanan khas dari Semarang. Kue ini berwarna kecoklatan dengan tekstur lembut ini memiliki bentuk seperti bantalan rel kereta api maka dinamakan seperti itu.

Dengan harga 24 ribu sampai dengan 37 ribu Rupiah, Anda dapat menikmati lembutnya roti dengan nama unik ini. Yang lebih unik lagi resep dari roti ini masih sama alias masih asli dari jaman Belanda. Bagaimana menarik bukan, jangan lupa memasukkan roti ini dalam daftar oleh-oleh Anda.

  • Lumpia Mataram

Tak lengkap rasanya jika ke Semarang tanpa membeli Lumpia Mataram. Makanan kering khas Semarang ini berlokasi di Jalan Mataram lebih tepatnya di Jalan MT Haryono No.533A. Lumpia Mataram merupakan tempat penjual lumpia yang paling legendaris karena telah berdiri sejak tahun 1988.

Tersedia berbagai menu lumpia dengan isian yang beragam mulai dari ayam, telur, udang, dan masih banyak yang lainnya. Tersedia pula lumpia goreng serta lumpia rebus yang dibandrol dengan harga 13 ribu per porsinya. Murah Bukan ?

Untuk itu jangan sampai lupa memborong lumpia yang gurih dan lezat ini. Anda dapat menikmati cita rasa yang tak berubah sejak kedai ini didirikan. Dengan rasa yang khas dan kualitas yang terjamin namun harga yang tak menguras dompet.

Bagaimana apakah Anda sudah mencatat semuanya ? sewa pajero semarang  jenis mobil premium ini jangan sampai ada yang terlewat. Berbagai makanan kering khas Semarang dengan harga yang terjangkau ini dapat Anda bawa pulang saat usai berlibur.

Makanan kering ini juga tak akan mudah rusak dan tahan lama. Supaya Anda bisa sampai lebih cepat di tempat tujuan, lebih baik gunakan rental mobil. Anda bisa memilih Altha Rent karena prosesnya cepat, mudah, dan pelayanannya sangat profesional.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.