Kuliner Malam di Cirebon

7 Kuliner Malam di Cirebon, Cicipi Makanan Khas Kota Udang

Cirebon, kota yang terletak di Jawa Barat, dikenal sebagai salah satu destinasi kuliner terbaik di Indonesia. Kaya akan warisan budaya hingga kemarin kita sudah membahas tentang tempat wisata Cirebon, kota ini menawarkan berbagai pilihan makanan lezat yang bisa dinikmati kapan saja, termasuk saat malam tiba. Malam di Cirebon adalah saat yang tepat untuk mencoba berbagai hidangan khas kota ini. Berikut adalah beberapa tempat kuliner malam di Cirebon yang harus Anda coba, lengkap dengan informasi tentang harga, jam buka, dan lokasinya.

Keunikan Kuliner Malam di Cirebon

Kuliner Malam di Cirebon
Kuliner Malam di Cirebon
Sumber : merdeka.com

Keunikan kuliner malam di Cirebon terletak pada cita rasa yang khas dan berbeda dengan kuliner di daerah lain. Salah satu kuliner yang wajib dicoba di Cirebon adalah nasi jamblang. Nasi jamblang adalah nasi yang disajikan dengan beragam lauk pauk seperti ayam goreng, empal, dan sambal. Selain itu, ada juga kuliner khas Cirebon lainnya seperti empal gentong, mie koclok, dan nasi lengko. Keunikan dari kuliner malam di Cirebon adalah penggunaan bumbu rempah yang kaya dan membuat cita rasa makanan semakin lezat.

1. Mie Colot Cirebon

Mie Colot Cirebon
Mie Colot Cirebon
Sumber : twitter.com/kulinercirebon/

Mie Colot adalah salah satu hidangan yang sangat terkenal di Cirebon. Mie ini terbuat dari mie kuning yang gurih dan lezat, disajikan dengan kuah kental yang sangat lezat. Biasanya, Mie Colot disajikan dengan telur rebus, potongan daging ayam, dan taburan bawang goreng yang melengkapi cita rasanya. Hidangan ini memiliki cita rasa yang khas dan merupakan salah satu makanan malam favorit di Cirebon. Harga untuk satu porsi Mie Colot biasanya berkisar antara Rp 20,000 hingga Rp 30,000.

Jam Buka: Mie Colot Cirebon biasanya buka mulai sore hingga malam, sekitar pukul 17:00 hingga 22:00.

Lokasi: Anda bisa menemukan Mie Colot di banyak tempat di Cirebon, di Jl. Pekalangan No.15, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Cirebon

2. Restoran Klapa Manis

Restoran Klapa Manis
Restoran Klapa Manis
Sumber : notetravelingz.blogspot.com

Restoran Klapa Manis adalah tempat yang sempurna untuk menikmati hidangan laut segar di Cirebon. Restoran ini dikenal dengan sajian ikan bakar yang lezat dan beragam hidangan laut lainnya. Hidangan khasnya, seperti ikan bakar, cumi bakar, dan kepiting saus tiram, sangat cocok untuk santap malam Anda. Restoran ini menawarkan suasana yang nyaman dan pelayanan yang ramah. Harga untuk hidangan di Restoran Klapa Manis bervariasi tergantung pada pilihan Anda, namun, rata-rata per orang berkisar antara Rp 50,000 hingga Rp 100,000.

Jam Buka: Restoran Klapa Manis buka setiap hari mulai pukul 11:00 pagi hingga 11:00 malam.

Lokasi: Restoran Klapa Manis berlokasi di Jl. Raya Gronggong, Patapan, Kec. Beber, Cirebon

3. Nasi Jamblang Bu Nur

Nasi Jamblang Bu Nur
Nasi Jamblang Bu Nur
Sumber : tribunnews

Nasi Jamblang adalah hidangan nasi khas Cirebon yang tak boleh dilewatkan. Nasi Jamblang Bu Nur adalah salah satu tempat terbaik untuk mencicipi hidangan ini. Nasi Jamblang terbuat dari nasi yang dibungkus daun jati, sehingga memberikan aroma dan rasa yang khas. Anda dapat memilih berbagai lauk dan hidangan pendamping seperti empal, sambal, telur pindang, dan masih banyak lagi. Harga untuk satu porsi Nasi Jamblang biasanya sangat terjangkau, berkisar antara Rp 10,000 hingga Rp 20,000.

Jam Buka: Nasi Jamblang Bu Nur buka setiap hari, mulai pukul 07:00 pagi hingga pukul 23:00 malam.

Lokasi: Anda bisa menemukan Nasi Jamblang Bu Nur di Jl. Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Cirebont.

4. Nasi Lengko

Nasi Lengko
Nasi Lengko
Sumber : merdeka.com

Nasi Lengko adalah hidangan nasi yang dijamin memuaskan lidah Anda. Hidangan ini terdiri dari nasi putih yang disiram dengan kuah kacang yang gurih, lalu disajikan dengan tauge, tahu, tempe, kerupuk, dan sambal. Semua komponen ini menciptakan perpaduan rasa yang sangat enak. Harga untuk satu porsi Nasi Lengko biasanya berkisar antara Rp 10,000 hingga Rp 20,000. Anda bisa menemukan penjual Nasi Lengko di berbagai sudut kota Cirebon. Namun, salah satu tempat terkenal untuk mencicipi hidangan ini adalah Nasi Lengko Bu Karso

Jam Buka: Banyak penjual Nasi Lengko buka mulai sore hingga malam, sekitar pukul 17:00 hingga 22:00.

Lokasi: Jalan Tentara Pelajar No. 18, Pekalangan, Pekalipan, Cirebon

5.Empal Gentong Krucuk

Empal Gentong Krucuk
Empal Gentong Krucuk
Sumber : detik.com

Empal Gentong adalah hidangan khas Cirebon yang terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak dalam kuah yang kaya rempah. Hidangan ini memiliki cita rasa yang khas dan cocok untuk dinikmati di malam hari. Empal Gentong Krucuk adalah salah satu tempat terbaik untuk mencicipi hidangan ini. Harga untuk satu porsi Empal Gentong biasanya berkisar antara Rp 20,000 hingga Rp 30,000.

Jam Buka: Empal Gentong Krucuk biasanya buka setiap hari mulai pukul 07:00 pagi hingga 22:00 malam.

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi no. 1, Cirebon

6. Lambada Cafe & Resto

Lambada Cafe & Resto
Lambada Cafe & Resto
Sumber : tripadvisor

Lambada Cafe & Resto adalah tempat yang tepat jika Anda menginginkan hidangan malam yang berbeda di Cirebon. Restoran ini menyajikan berbagai hidangan internasional dan memiliki suasana yang modern. Anda bisa mencicipi berbagai hidangan mulai dari pasta hingga steak yang lezat. Harga di Lambada Cafe & Resto bervariasi tergantung pada pilihan Anda, namun, rata-rata per orang berkisar antara Rp 50,000 hingga Rp 150,000.

Jam Buka: Lambada Cafe & Resto buka setiap hari mulai pukul 10:00 pagi hingga 23:00 malam.

Lokasi: Jalan Tentara Pelajar No. 18, Pekalangan, Pekalipan, Cirebon

7. Mie Koclok Panjunan

Mie Koclok Panjunan 
Mie Koclok Panjunan 
Sumber : liputan6.com

Mie Koclok Panjunan  adalah hidangan yang begitu populer di Cirebon sehingga patut disebutkan dua kali. Selain Mie Colot Bang Ade, Anda juga bisa mencicipi Mie Colot di tempat lain seperti Mie Koclok Asep, yang terletak di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No. 15, Cirebon. Mie Colot di sini memiliki cita rasa yang unik dan harga yang terjangkau, biasanya berkisar antara Rp 20,000 hingga Rp 30,000 per porsi.

Jam Buka: Mie Koclok Panjunan biasanya buka mulai sore hingga malam, sekitar pukul 17:00 hingga 21:00.

Lokasi: Jl Pekarungan No, 104 Cirebon

Oleh-Oleh Khas Cirebon

Selain kuliner malamnya yang lezat, Cirebon juga terkenal dengan oleh-oleh khasnya yang bisa dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Salah satu oleh-oleh khas Cirebon yang terkenal adalah kerupuk udang.

Kerupuk udang Cirebon memiliki tekstur yang renyah dan gurih, serta terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi. Selain itu, ada juga kerupuk rambak yang terbuat dari kulit sapi yang diolah dengan bumbu rempah khas Cirebon. Ikan asin jambal juga menjadi oleh-oleh khas Cirebon yang banyak dicari oleh wisatawan.

Kerupuk udang
Kerupuk udang
Sumber : finnafood

Ikan asin jambal memiliki cita rasa yang khas dan lezat, serta bisa dijadikan sebagai lauk pauk atau camilan. Terasi udang juga menjadi oleh-oleh khas Cirebon yang terkenal. Terasi udang Cirebon memiliki aroma yang khas dan lezat, serta bisa digunakan sebagai bumbu masakan atau sebagai pelengkap makanan.

Ikan asin jambal
Ikan asin jambal
Sumber : cookpad.com

Nah Jangan lupa untuk berwisata ke Cirebon menggunakan sewa mobil Cirebon dan cicipi semua kuliner yang ada di Cirebong. Itulah beberapa rekomendasi kuliner malam di Cirebon. Selamat menikmati perjalanan Anda!

5/5 - (1 vote)

Author

Scroll to Top