malioboro jogja

9 Tips Liburan Seru ke Malioboro Yogyakarta Anti Bokek

9 Tips Liburan Seru ke Malioboro Yogyakarta Anti Bokek

Malioboro adalah salah satu tempat paling ikonik di Jogja yang menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan mengguanakan jasa travel malang yogyakarta. Tapi, beberapa orang meresahkan mahalnya harga makanan dan souvenir yang dijual di pasar Malioboro Yogyakarta tersebut.

Ikuti 8 tips berikut ini supaya liburan Anda ke Malioboro semakin seru, menyenangkan, dan tentunya anti bokek.

Sekilas Tentang Malioboro

Sebelum masuk ke tips, ketahui lebih lanjut tentang Malioboro dulu yuk! Malioboro Yogyakarta merupakan sebuah kawasan pasar rakyat yang menjual aneka makanan, souvenir, dan oleh-oleh khas Jogja tepat di seberang jalan.

Di sana terdapat jalur pedestrian yang dilengkapi sejumlah bangku taman di samping jalan. Sehingga, para wisatawan bisa berbelanja di sepanjang pasar Malioboro sambil berjalan kaki dan sesekali duduk bersantai di bangku tersebut.

Lokasi Malioboro ini sendiri berada di daerah Gedong Tengen, Yogyakarta dan merupakan pusat kota Jogja yang begitu termasyur. Jadi Anda tak akan kesulitan menemukannya. Apalagi, lokasinya dekat dengan stasiun Tugu, sehingga menjadi jujukan utama para wisatawan yang datang dari luar kota.

Jika ingin tahu dimana letaknya secara tepat, ketahui batas wilayah Malioboro berikut ini.

  • Di sebelah utara, Malioboro berbatasan dengan Stasiun Tugu yang berada di Jalan Pangeran Mangkubumi
  • Di sebelah Timur, Malioboro berbatasan dengan Jalan Abu Bakar Ali
  • Di sebelah Selatan, Malioboro berbatasan dengan Jalan Ahmad Yani
  • Di sebelah Barat, Malioboro berbatasan dengan Jalan Pasar Kembang

Tips Berlibur ke Malioboro

Kali ini supaya liburan Anda ke Malioboro Yogyakarta semakin seru dan menyenangkan, travel yogyakarta malang ikuti beberapa tips berikut ini. Mulai dari memperhatikan peraturan khusus terkait pandemi, rekomendasi objek wisata terdekat dan tips belanja hemat di Malioboro.

  • Patuhi Peraturan Khusus Selama Pandemi

Sejak merebaknya pandemi Covid-19, pemerintah setempat memberlakukan beberapa peraturan khusus untuk mencegah penularan virus. Tentunya, Anda pun ingin terbebas dari penularan virus corona saat berlibur ke Jogja. Jadi pastikan mematuhi beberapa aturan berikut ini.

  1. Telah melakukan vaksinasi dosis 1 dan 2 secara lengkap. Sementara bagi anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun, sebaiknya tes PCR terlebih dahulu untuk memastikan kondisinya sehat selama liburan.
  2. Aktifkan aplikasi Peduli Lindungi di smartphone Anda. Karena beberapa objek wisata di Jogja mewajibkan wisatawan scan QR Code melalui aplikasi tersebut.
  3. Patuhi protokol kesehatan secara ketat. Mulai dari menggunakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun, jaga jarak, dan hindari kerumunan.
  • Pilih Moda Trasportasi yang Praktis

Jika Anda datang dari luar kota, lebih disarankan naik kereta api daripada bus atau pesawat. Karena jarak Malioboro sangat dekat dengan Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan. Sementara jika naik pesawat, Anda turun di Bandara Adi Sucipto yang jaraknya sekitar 9 kilometer dari Malioboro.

Tapi hal itu kembali lagi travel surabaya jakarta mengundang kebutuhan Anda. Nantinya Anda bisa naik bus Trans Jogja, taksi online, atau ojek online menuju Malioboro. Sementara jika sudah sampai di Malioboro, Anda cukup berjalan kaki menyusuri deretan toko. Atau naik delman dan becak jika tidak ingin kecapekan jalan kaki.

Tentunya Anda juga ingin berkunjung ke objek wisata lainnya yang ada di Jogja. Supaya lebih praktis, sebaiknya gunakan jasa travel atau sewa mobil terpercaya yang ada di Jogja. Karena lokasi antar tempat wisata lumayan jauh dan tak mungkin jika ditempuh dengan jalan kaki, naik becak, atau ojek.

Gunakan jasa Altha Rent yang melayani jasa sewa mobil dengan sopir profesional dan berpengalaman. Pilihan mobilnya pun beragam, mulai dari jenis kendaraan reguler hingga premium. Harga sewanya mulai 300 ribuan saja dan bisa dipesan secara online disini.

  • Kunjungi Wisata Terdekat di Malioboro

Sebelum belanja di deretan toko yang ada di Malioboro, sebaiknya kunjungi beberapa objek wisata terdekat di sana. Kebanyakan tiket masuknya sangatlah terjangkau dan bahkan gratis. Anda pun bisa mengunjungi hanya dengan jalan kaki dari sekitar Malioboro. Berikut beberapa rekomendasinya:

  • Tugu Yogyakarta
  • Alun-Alun Kidul Yogyakarta
  • Museum Keraton Yogyakarta
  • Taman Sari Keraton
  • Museum Sonobudoyo
  • Museum Benteng Vredeburg
  • Pasar tradisional Beringharjo  
  • Taman Pintar

Baca Selengkapna : sewa mobil toyota hiace semarang

  • Tulis Daftar Barang Belanjaan yang Ingin Dibeli

Supaya tidak kalap belanja saat berkeliling Malioboro Yogyakarta, sebaiknya tulis daftar belanjaan yang ingin dibeli terlebih dahulu. Lakukan hal ini saat masih berada di rumah saat pikiran jernih dan tidak terdistraksi berbagai penawaran dari pedagang.

Anda bisa mendaftar berdasarkan beberapa kategori. Misalnya, jika ingin mencari oleh-oleh khas, tentukan terlebih dahulu jenis oleh-oleh yang ingin dicari. Apakah berupa makanan, pakaian, atau souvenir. Tentukan juga maksimal anggaran untuk membelinya.

  • Jangan Terburu-Buru Membeli

Malioboro berisi ratusan pedagang yang menjual berbagai produk serupa dan bahkan sejenis. Tapi harga yang ditawarkan bisa berbeda-beda antar pedagang. Jadi, jika ingin berhemat lebih baik kelilingi Malioboro terlebih dahulu sampai menemukan penjual yang menawarkan harga termurah.

  • Jangan Ragu untuk Menawar Harga

Kebanyakan pedagang Malioboro tidak menjual barang dengan harga pas. Jadi Anda bebas menawar harganya sampai sepakat dan mendapatkan harga terhemat. Biasanya trik menawar harga lebih berhasil jika Anda menggunakan bahasa setempat, yaitu Bahasa Jawa.

Jika tidak bisa berbahasa Jawa, sebaiknya ajak teman yang ada di Jogja untuk menemani belanja dan membantu menawar harga. Pastikan juga Anda berpenampilan sewajarnya. Jangan terlalu mencolok dengan mengenakan banyak perhiasan, hingga membuat pedagang menaikkan harganya.

  • Nikmati Hiburan dari Penampilan Seniman Jalanan

Setelah puas mengunjungi wisata terdekat di Malioboro, jangan lupa beristirahat sejenak di bangku yang disediakan. Biasanya banyak seniman yang menampilkan performa terbaiknya untuk menghibur pengunjung. Mulai dari pemain alat musik tradisional hingga grup musik perkusi dan seniman lukis.

  •  Beli Makanan Ala Warga Lokal

Satu lagi tips anti bokek saat berkunjung ke Malioboro Yogyakarta, yaitu beli makanan ala warga lokal. Jika Anda membeli makanan yang dijual tepat di seberang jalan utama Malioboro tentu harganya mahal, sekalipun menunya hanya berupa penyetan.

Lebih baik membeli makanan di warung-warung yang agak masuk ke dalam perkampungan atau beli nasi kucing di angkringan. Yang pasti, jangan ragu untuk menanyakan harga makanan terlebih dahulu sebelum membeli. Supaya tidak kaget jika harganya bisa jadi terlalu mahal untuk Anda.

  • Siapkan Akomodasi yang Nyaman dan Sesuai Anggaran

Terakhir, liburan ke Jogja tentu tidak cukup jika hanya setengah hari saja. Jadi, Anda membutuhkan penginapan yang nyaman untuk tidur dan istirahat sejenak.Hampir sama dengan mencari makanan dengan harga hemat, pastikan Anda memilih penginapan yang agak masuk ke dalam perkampungan.

Jika memang ingin menyewa hotel di seberang jalan utama Malioboro, maka Anda harus siap dengan biaya sewanya yang mahal.

Tips liburan anti bokek saat ke Malioboro Yogyakarta dimulai dengan menulis rencana perjalanan, daftar belanjaan, serta  jangan ragu menawar harga. Selain itu, gunakan jasa travel atau sewa mobil terpercaya dari Altha Rent supaya perjalanan Anda lebih praktis dan hemat.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.