taman lampion jogja

Taman Lampion Jogja yang Instagramable

5 Aktivitas Seru di Taman Lampion Jogja yang Instagramable

Ingat salah satu scene paling epik dalam film Rapunzel yang memperlihatkan keindahan pesta lampion? Sekarang Anda juga bisa melihatnya di Indonesia lho! Lebih tepatnya, di taman lampion yang berada di Jogja. Apa saja koleksi lampion yang ada di sana? Baca artikel berikut ini.

Sekilas Tentang Taman Lampion

Sesuai namanya, taman ini menghadirkan ratusan lampion yang berkilauan kian cantik di malam hari. Ada juga yang menyebutnya sebagai taman pelangi, karena cahaya lampunya yang berwarna-warni. Sontak, pemandangan tersebut terlihat begitu instagramable sebagai latar foto.

Taman ini sendiri berada tepat di halaman Monumen Jogja Kembali (Monjali) dan baru buka di sore hari, yaitu mulai pukul 16.20-22.00 WIB. Tapi karena masih satu kawasan dengan Monjali, tak ada salahnya jika berwisata ke museum Monjali terlebih dahulu sambil menunggu taman pelangi buka.

Bagi Anda yang belum tahu lokasinya, travel jakarta jogja Monjali dan taman pelangi ini terletak di Jalan Ring Road Utara, Jongkang. Daerah tersebut masuk Desa Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Jaraknya sekitar 7 kilometer saja dari pusat kota Jogja di Malioboro.

Jika berangkat dari Malioboro, Anda bisa naik bus Trans Jogja dan mengambil rute 2A. Nantinya, Anda bisa turun di halte ring road sebelah utara dan langsung jalan kaki menuju Monjali. Tapi jika ingin lebih praktis, sebaiknya gunakan jasa travel atau sewa mobil terpercaya di Jogja.

Dengan begitu, Anda tak perlu susah payah menyetir kendaraan sendiri atau berdesakan dengan penumpang lain saat naik kendaraan umum. Sopir yang mengantar pun biasanya lebih paham daerah wisata di Jogja, sehingga Anda tak perlu takut tersesat.

Daya Tarik dan Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Keindahan warna-warni lampu di taman lampion sempat menjadikan taman ini viral di media sosial. Selain panoramanya yang begitu memesona, banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di sana, diantaranya:   

  • Selfie dan Berfoto Ria di Berbagai Spot Foto Instagramable

Daya tarik utama dari taman ini yaitu banyaknya spot foto ciamik untuk selfie dan berfoto ria. Selain warna lampunya yang beragam, bentuk lampion yang ada di sana juga beraneka rupa, antara lain:

  1. Lampion berbentuk tokoh kartun, seperti Mickey Mouse, Hello Kitty, Doraemon, dan masih banyak lagi
  2. Lampion berbentuk aneka hewan, seperti ikan, naga, kelinci, burung merak, hingga burung unta
  3. Lampion berbentuk berbagai jenis bunga dan pohon, seperti pohon sakura khas Jepang
  4. Lampion berbentuk bangunan terkenal di dunia maupun di Indonesia, seperti Tembok besar China, Tugu Jogja, Candi Borobudur, dll
  5. Lampion berbentuk hati serta deretan patung yang juga bisa menyala di malam hari
  • Hunting Fotografi Malam Hari yang Begitu Memukau

Bagi pecinta fotografi juga berkesempatan mendapatkan hasil jepretan night photography yang memukau. Karena taman ini menghadirkan cahaya yang berkilauan warna-warni di malam hari, ditambah dengan banyaknya aktivitas warga yang bisa menjadi inspirasi foto human interest.

Jika ingin berburu foto malam hari di jalanan kota Jogja sekitar taman ini juga cukup bagus. Selain menambah stok foto untuk diunggah di media sosial, Anda juga bisa menambah skill fotografi, khususnya untuk tema-tema foto di malam hari.

  • Bermain Wahana Permainan Seru

Bosan berburu foto di berbagai spot foto di taman ini? Tenang saja, Anda sekeluarga bisa menjajal aneka wahana permainan seru yang disediakan, diantaranya:

  1. Wahana speed boat
  2. Wahana safari train,
  3. Wahana ATV
  4. Wahana bola air
  5. Wahana boom-boom car
  6. Wahana puri hantu
  7. Wahana helicak
  • Menikmati Romantisme Malam Hari Sambil Makan Aneka Kudapan

Menggunakan jasa sewa fortuner semarang ke tujuan Selain menjadi destinasi wisata andalan keluarga, taman ini juga menjadi jujukan sejumlah pasangan muda-mudi yang ingin menghabiskan malam romantis berdua. Warna-warni lampu yang berkilauan di malam hari menambah suasana romantis di malam hari dan memberikan pengalaman tak terlupakan.

Anda juga tak perlu takut kelaparan, karena di taman ini telah tersedia food court yang menjual berbagai makanan dan minuman. Mulai dari aneka kudapan dan makanan instan, hingga kuliner khas nusantara, seperti siomay, batagor, dan lain sebagainya.

  • Mempelajari Sejarah ke Museum Jogja Kembali

Letak taman yang berdekatan dengan kawasan Monjali tentu sayang jika Anda lewatkan begitu saja. Sebelum bermain ke taman pelangi di malam hari, sebaiknya kunjungi museum Monjali terlebih dahulu. Monumen bersejarah ini buka mulai pagi hingga sore hari.

Di sana Anda bisa mempelajari sejarah perebutan Yogyakarta dari penguasaan Belanda di masa silam. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat berbagai koleksi bersejarah dan beberapa benda replika untuk mengenang momen perjuangan bersejarah tersebut.

Salah satunya yaitu melihat replika seragam militer milik tentara, polisi, serta para gerilyawan yang berjuang. Bangunan museum ini juga begitu unik dan mirip gedung Juang 45 yang berada di Jakarta. Jika berkunjung kesana, jangan lupa mengabadikan foto di depan gedung tersebut.

Baca Juga: Travel jogja jakarta

Fasilitas Pendukung Wisata

Berwisata di malam hari kadang bikin khawatir, apalagi jika tempat wisata bersangkutan tidak didukung dengan fasilitas yang memadai. Tapi jangan khawatir jika datang ke taman yang dipenuhi ratusan lampion ini. Karena fasilitas penunjang di taman ini lumayan lengkap, diantaranya:

  1. Area parkir yang luas untuk menampung motor maupun mobil
  2. Toilet yang bersih dan nyaman
  3. Food court yang menjual aneka makanan dan minuman pelepas dahaga

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

travel malang jakarta ibarat Karena spot unggulannya adalah lampion yang tampak memukau jika dinyalakan di malam hari, maka taman ini pun buka saat malam hari. Lebih tepatnya buka mulai mulai pukul 16.30-22.00 WIB. Tapi jika Anda datang di akhir pekan, taman ini bisa tutup lebih malam lagi.

Untuk harga tiket masuknya sangatlah terjangkau. Pihak pengelola taman lampion memberlakukan harga tiket yang berbeda antara weekday dan weekend sebagai berikut:

  1. Tiket masuk weekday (Senin-Jumat) seharga Rp15.000 / orang
  2. Tiket masuk weekend (Sabtu-Minggu dan hari libur nasional seharga Rp20.000 / orang

Sedangkan jika ingin bermain di berbagai wahana permainan yang disediakan, pengunjung perlu membayar biaya tambahan yang berbeda-beda tiap wahana, yaitu:

  1. Biaya wahana speed boat: Rp10.000 / orang
  2. Biaya wahana safari train: Rp10.000 / orang
  3. Biaya wahana ATV: Rp15.000 / orang
  4. Biaya wahana bola air: Rp15.000 / orang
  5. Biaya wahana boom-boom car: Rp10.000 / orang
  6. Biaya wahana puri hantu: Rp10.000 / orang
  7. Biaya wahana helica: Rp20.000 / orang  

Bagi Anda yang ingin menikmati malam nan romantis sambil hunting foto yang instagramable, langsung saja kunjungi taman pelangi Jogja ini. Tak perlu bingung mencari rute perjalanan tercepat menuju lokasi taman tersebut. Sebaiknya gunakan jasa travel atau sewa mobil terpercaya di Jogja.

Altha Rent siap mengantar Anda sekeluarga menuju Taman Lampion dengan pilihan mobil reguler atau premium. Sopirnya ramah, profesional, dan melayani antar jemput ke alamat rumah. Harganya pun bersaing, mulai 300 ribuan saja. Klik disini untuk pemesanan atau info lebih lanjut.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.