lunpia khas semarang

5 Rekomendasi Outlet Lumpia Khas Semarang Mulai 8 Ribuan

5 Rekomendasi Outlet Lumpia Khas Semarang Mulai 8 Ribuan

Sewa hiace semarang jasa transportasi dijuluki sebagai kota lumpia, karena di sanalah makanan berbahan rebung itu lahir. Ingin tahu rasa lumpia khas Semarang dari generasi pembuatnya pertama kali? Kira-kira, apa saja keunikannya? Baca ulasan berikut dan temukan 5 rekomendasi tempat membeli lumpia terlezat.

Keunikan Lumpia Khas Semarang

Resep lumpia Semarang punya ciri khas unik yang membedakannya dengan lumpia dari daerah lain. Mulai dari sejarahnya, bahan-bahan yang dibutuhkan, cara pembuatan, serta saus dan berbagai variannya sekarang.

1. Sejarah Lumpia Semarang 

Lumpia Semarang bermula dari bertemunya seorang perempuan Jawa bernama Wasih dan pemuda Tionghoa bernama Tjoa Thay Joe. Awalnya mereka sama-sama menjual makanan berbahan rebung. Hingga akhirnya keduanya menikah dan menciptakan resep baru paduan cita rasa Jawa dan Cina.

Mereka menjual makanan tersebut ke pasar Malam Belanda yang bernama Olympia Park. Tapi orang-orang pada masa itu menyebutnya loenpia. Dari situlah nama lumpia berasal. Bertepatan dengan masa gelaran olahraga terkenal, yaitu GANEFO sekitar tahun 1963-1966.

2. Bahan dan Cara Membuat

Bahan utama lumpia Semarang yaitu rebung atau tunas bambu yang masih muda. Bahan ini kemudian dicampur dengan daging ayam, telur yang diorak-arik, serta tambahan udang. Sedangkan bumbunya yaitu bawang putih, kecap manis dan asin, serta bumbu lainnya.

Kulit lumpia terbuat dari tepung terigu yang dipanggang hingga tipis menyerupai adonan crepes. Lalu, bahan-bahan isian lumpia tadi dimasukkan ke dalam kulit tersebut, kemudian dilipat dan digulung. Setelah itu, goreng lumpia hingga kering.

3. Saus dan Bahan Pelengkap

Yang khas dari Lumpia Semarang adalah saus dan bahan pelengkapnya. Untuk sausnya terbuat dari tepung tapioka bercampur gula aren dan bawang. Teksturnya dibiarkan lengket dan rasanya manis. Sedangkan untuk bahan pelengkapnya ada acar mentimun serta lokio alias tunas bawang merah.

Biasanya juga ditambahkan cabai rawit hijau untuk pelanggan yang ingin rasa pedas. Cara memakannya dengan mencocolkan lumpia ke saus, lalu makan dengan acar dan lokio. Rasanya sangat autentik dan berbeda dengan lumpia pada umumnya yang hanya mengandalkan saus tomat.

4.  Rasa

Dengan paduan bahan dan cara memasak di atas, rasa lumpia Semarang begitu khas. Rasanya gurih dan agak manis, ditambah dengan aroma rebung yang sedap. Apalagi ada tambahan acar mentimun dan lokio yang segar membuat lumpia asli Semarang ini bikin nagih dan tak terlupakan.

5.  Varian Rasa

Kini lumpia Semarang semakin berkembang dengan banyaknya varian isi yang dihadirkan. Jika dulunya hanya berisi rebung, telur, dan udang, kini semakin variatif lagi. Ada yang menambahkan aneka makanan laut lainnya, seperti ikan kakap dan kepiting.

travel semarang jakarta Ada juga yang memadukan dengan olahan khas terkenal dari luar negeri, seperti onigiri dari Jepang atau makanan Barat. Rasanya pun semakin nikmat, baik untuk camilan atau makanan berat dengan membelinya seporsi.

Rekomendasi Tempat Membeli Lumpia Khas Semarang

Lumpia Semarang memang punya keunikan tersendiri yang berbeda dengan lumpia dari daerah lain. Lalu, dimanakah tempat membeli lumpia terenak di Semarang? Lima tempat berikut ini terkenal menjual lumpia Semarang paling nikmat dengan cita rasa khas yang tak terlupakan.

1.Lumpia Mbak Lien 

Tempat ini lebih dikenal dengan nama “Loenpia Mbak Lien” dan merupakan cikal bakal lumpia Semarang yang melegenda. Yaitu lumpia buatan pasangan Wasih dan Tjoa Thay Joe. Di kedai inilah resep lumpia Semarang dibuat pertama kali, yaitu paduan cita rasa khas Jawa dan Tionghoa.

Kini lumpia Mbak Lien dikelola oleh generasi keempat dan punya banyak varian. Mulai dari onigiri, teppan, seafood, hingga western. Harganya mulai Rp15.000,- saja. Anda bisa mengunjungi outletnya yang berada di Jalan Pemuda nomor 1, Semarang Tengah.

2.  Lumpia Cik Me Me

Lumpia buatan Meliani Sugiarto ini dikenal dengan nama lumpia Cik Me Me. Beliau adalah generasi ke-5 lumpia Semarang yang membuka outlet sendiri di Jalan Gajah Mada nomor 107, Semarang. Resep dan cita rasanya sangat khas mirip dengan lumpia Semarang.

Menariknya, lumpia Cik Me Me menghadirkan inovasi baru yang tak kalah menarik dari lumpia Mbak Lien. Di sini Anda bisa menemukan varian jamur, kepiting, hingga ikan kakap. Daftar harga lumpia di sini juga lumayan terjangkau, yaitu berkisar mulai Rp 8.000-Rp 20.000.

3. Lumpia Gang Lombok

Sesuai namanya, toko lumpia ini berada di kawasan Gang Lombok dan berdekatan dengan Klenteng Tay Kak Sie. Outlet ini juga termasuk pelopor lumpia Semarang yang menyajikan olahan rebung dengan rasa autentik.

Lumpia disini masih mempertahankan cara pembuatan secara tradisional dan memiliki 2 varian favorit, yaitu udang dan daging ayam. Anda juga bisa memilih varian lumpia goreng maupun basah mu mulai harga Rp15.000 saja.

4.  Lumpia Mataram

Masih dari garis keturunan lumpia Semarang, outlet lumpia yang berada di Jalan MT Haryono nomor 533 A ini juga menggunakan resep khas lumpia Mbak Lien. Namun, Lumpia Mataram yang buka sejak 1988 ini punya ciri khas sausnya yang sedap manis. Harganya dibanderol mulai Rp14.000.

5. Lumpia Sari Rasa

Jika ingin mencari lumpia yang bukan berasal dari garis keturunan pelopor lumpia Semarang, datang saja ke outlet Lumpia Sari Rasa. Lokasinya berada di Jalan Anjasmoro nomor 58 dan merupakan buatan warga lokal. Resepnya pun khas Indonesia, yaitu memadukan rebung, telur, dan udang.

Tips Berburu Lumpia Khas Semarang

Sudah tidak sabar ingin segera berburu lumpia Semarang ke 5 outlet paling recommended di atas? Daripada naik kendaraan umum, lebih baik gunakan jasa travel atau sewa mobil terpercaya dari Altha Rent. Perjalanan jadi lebih praktis dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, diantaranya:

  • Pilihan mobil beragam. Mulai dari tipe reguler, seperti Avanza, Innova Reborn, dan Honda Mobilio, atau tipe premium seperti Pajero, Fortuner, dan Alphard.
  • Kualitas mobil terjamin, karena kami senantiasa cek mesin kendaraan secara teratur. Kami juga rutin membersihkan mobil setiap sebelum dan sesudah pemakaian. Sehingga tampilannya luar-dalam mobilnya senantiasa bersih, rapi, dan wangi.
  • Anda bebas memilih lepas kunci dan mengendarai mobilnya sendiri. Atau minta diantar oleh sopir profesional kami yang telah berpengalaman. Sehingga Anda tidak perlu takut tersesat menemukan alamat outlet Lumpia Semarang di atas.
  • Anda juga bisa minta diantar-jemput hingga ke alamat rumah. Sehingga tak perlu datang ke kantor kami untuk mengambil mobilnya.
  • Pemesanannya pun mudah, karena Anda tidak perlu datang ke kantor kami langsung. Cukup hubungi via telepon atau WhatsApp dan sampaikan tujuan Anda. Jika ingin mengetahui informasi layanan kami juga tinggal cek website kami di https://altha-rent.com/.

Berkunjung ke Semarang memang belum lengkap tanpa menyantap lumpia khas Semarang. Datangi 5 tempat yang menjual lumpia Semarang paling terkenal di atas dan bawa pulang oleh-oleh. Sewa mobil dari Altha Rent supaya perjalanan Anda semakin mudah dan menyenangkan.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.