museum macan jakarta

Museum Macan Jakarta

Hunting Spot Instagramable di Museum MACAN Jakarta

Saat membaca judul artikel ini, hal apa yang pertama kali terlintas dalam pikiran Anda? Apakah museum ini benar-benar berisikan kumpulan hewan macan? Jawabannya adalah tidak! Lalu apa itu Museum MACAN? Anda akan segera menemukan jawabannya dengan membaca ulasan di bawah ini.

Apa Itu Museum MACAN Jakarta?

Kata MACAN dalam nama museum ini merupakan sebuah singkatan kata dari Modern And Contemporary Art in Nusantara. Dengan kata lain museum tersebut merupakan sebuah tempat yang berisikan kumpulan karya seni kontemporer dan modern.

Sesuai namanya, museum ini merupakan objek wisata Jakarta yang mengusung konsep wisata seni dan budaya. Lebih tepatnya, museum ini terlihat seperti tempat pameran karya seni artistik sekaligus wahana liburan unik bagi kalangan wisatawan.

Menyinggung tentang sejarah Museum MACAN, tempat wisata seni ini sudah berdiri sejak tahun 2017. Luar biasanya, museum tersebut telah menghadirkan berbagai jenis karya seni hingga mencapai jumlah yang fantastis, yakni sebanyak lebih dari 800 karya seni yang berhasil dipamerkan. 

Jika berkunjung ke sini, Anda akan menjumpai ratusan karya seni tingkat tinggi yang diciptakan oleh seniman handal asal Tanah Air maupun asal negeri-negeri lain.

Bagi Anda yang suka dengan karya-karya seni artistik, tempat ini akan jadi rekomendasi wisata seni terbaik yang patut untuk Anda kunjungi.

Lokasi Museum MACAN Jakarta

Untuk lokasinya, museum ini terletak di kawasan Jakarta Barat tepatnya di dalam gedung AKR Tower Level M. Untuk alamat lengkapnya, museum ini berlokasi di Jl. Panjang No. 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. 

Berhubung ada di AKR Tower, lokasi wisata ini terbilang sangat strategis, mewah, dan penuh daya tarik. Apalagi tempat tersebut sangat dekat dengan destinasi wisata Jakarta yang tak kalah menarik. 

Masih menyangkut masalah lokasi, kira-kira Museum MACAN dekat stasiun apa? Nama-nama stasiun yang dekat dengan Museum Seni Modern & Kontemporer Nusantara maupun ATR Tower adalah Stasiun Kebayoran, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Palmerah.

Harga Tiket Wisata

Sebagai lokasi wisata yang penuh dengan spot-spot Instagramable, Museum Seni Modern & Kontemporer Nusantara merupakan jenis objek wisata yang memiliki harga tiket relatif mahal. 

Meski begitu, besaran harga tiket ini sangat sepadan dengan fitur-fitur wisata yang akan Anda dapatkan.

Tiket masuk wisata ini dapat Anda beli secara online maupun melalui loket tiket yang tersedia. Penetapan tarif tiket masuk museum ini terbagi menjadi beberapa jenis kategori, antara lain:

Kategori Pengunjung Harga Tiket (Rp)
Hari Biasa Akhir Pekan
Dewasa 70.000 90.000
Pelajar dan Mahasiswa 63.000 81.000
Senior (berusia di atas 65 tahun) 63.000 81.000
Anak-Anak (rentang usia 3 – 12 tahun) 56.000 72.000
Anak-anak berusia di bawah 3 tahun Gratis Gratis

Dilansir dari situs resmi Museum MACAN (museummacan.org)

Jadwal Operasional Wisata

Jadwal operasional lokasi wisata ini tidak berlangsung selama setiap hari. Museum Seni Modern & Kontemporer Nusantara hanya dibuka pada hari Selasa sampai Minggu dan libur pada hari Senin. 

Museum ini mulai dibuka pada pukul 10.00 sampai dengan 16.00 WIB. Meskipun jam tutupnya jatuh pada pukul 4 sore, pihak pengelola museum tidak lagi menerima kunjungan baru mulai pukul 15.45 WIB.

Fasilitas di Lokasi Wisata

Tema Museum MACAN Jakarta adalah jenis objek wisata yang memadukan fungsi pameran karya seni dan tempat hiburan. Saat tiba di sana nanti, Anda akan disuguhkan dengan berbagai keindahan karya seni yang artistik seperti lukisan, interior, teknik instalasi, dan banyak medium-medium lain.

Selain karya seni, Anda juga akan mendapat beberapa jenis fasilitas-fasilitas seru lainnya seperti:

  • Karya seni tradisional
  • Karya seni modern
  • Toko museum
  • Ruang pertolongan pertama
  • Toilet
  • Toilet khusus difabel
  • Ruang penitipan barang
  • Ruang laktasi atau ruang menyusui 
  • Museum lounge
  • Restoran dan kafe
  • Yayoi Kusama’s Infinity Room 
  • Dan lain sebagainya

Selama masa pandemi covid-19, beberapa fasilitas di atas sedang diberlakukan penutupan sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Spot-Spot Instagramable di Museum MACAN Jakarta

Sudah siap berwisata di Museum Seni Modern & Kontemporer Nusantara? Saat di sana, Anda akan sering mendecakkan kalimat-kalimat kagum sembari menyiapkan perangkat kamera untuk foto diri maupun untuk mengabadikan karya-karya seni yang indah dalam galeri Anda.

Kira-kira ada apa saja di Museum MACAN? Yuk intip beberapa jenis spot Instagramable dalam Museum Seni Modern & Kontemporer Nusantara.

  • Dots Obsession

Spot menarik pertama yang bisa Anda jadikan background epik dalam foto diri yakni Dots Obsession. Karya seni ini diciptakan oleh seorang seniman ternama bernama Yayoi Kusama. 

Objek-objek seni yang bisa Anda temukan disana berupa bola besar berwarna kuning dengan hiasan lingkaran hitam kecil (polkadot) sebagai hiasan permukaannya. 

Perpaduan warna hitam dan kuning ini dapat memancarkan nuansa seni yang elegan dan sangat enak dipandang oleh mata.

  • Infinity Mirrored Room

Infinity Mirrored Room adalah salah satu spot favorit para pengunjung dan kerap menjadi objek incaran utama dalam setiap kunjungan ke museum. 

Karya seni indah ciptaan Yayoi Kusama ini telah berhasil membuat nama Museum Seni Modern & Kontemporer Nusantara menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan, spot favorit ini pernah viral di dunia saking Instagramable-nya.

Menariknya, setiap pengunjung hanya diizinkan untuk mengambil foto disini dalam waktu 20 detik saja. Meski begitu, para pengunjung tetap rela menunggu antrian yang panjang hanya untuk mengambil foto-foto menarik di dalam Infinity Mirrored Room.

  • Flag Project

Spot Instagramable dalam Museum MACAN Jakarta selanjutnya adalah Flag Project. Karya seni ini merupakan sebuah instalasi berisikan kumpulan berbagai macam bendera yang digantung pada langit-langit museum.

Karya seni ini diciptakan oleh seniman profesional asal Indonesia bernama Arahmaiani. Uniknya, Arahmaiani memerlukan waktu yang cukup lama untuk merancang karya seni indah ini yakni sejak tahun 2006 sampai dengan 2010. 

Maka tak heran, jika lokasi ini juga sering menjadi spot foto super keren dan sangat Instagramable. Saat berkunjung nanti, jangan lupa abadikan diri Anda di lokasi ini ya!

  • My Eternal Soul

Anda bisa menjadikan karya seni My Eternal Soul sebagai background foto menarik dan penuh daya tarik unik. Karya ini lagi-lagi diciptakan oleh seniman bernama Yayoi Kusama dan sering jadi langganan para wisatawan untuk dijadikan sebagai spot foto andalan.

Di sini, Anda akan menemukan banyak jenis lukisan unik dan memiliki makna mendalam tersendiri. Meski diciptakan dari seorang seniman yang sama, Anda akan tetap merasakan ciri khas seni yang berbeda dengan karya Yayoi Kusama lainnya.

  • Flower That Bloom at Midnight

Karya seni satu ini memiliki bentuk yang sangat unik dan menakjubkan sampai-sampai para pelaku seni dibuat terpesona oleh keunikannya. 

Keunikan apa sih yang disuguhkan dalam instalasi tersebut? Salah satu contoh keunikan di sana adalah, Anda akan menemukan sebuah karya seni berbentuk bunga yang tampak seperti bentuk seekor hewan berkaki empat.

Bisa membayangkan bagaimana wujudnya? Jika tidak, datang langsung saja ke objek wisata Museum MACAN Jakarta dan cari tahu sendiri keunikan-keunikannya.

Anda mau melancong ke Jakarta? Sudah tahu mau naik kendaraan apa? Jika belum, yuk pesan jasa travel kami di Altha Rent. Kami akan siap melayani Anda dengan aman dan nyaman sampai ke kota tujuan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.