fakta unk lumajang

6 Fakta Lumajang yang Menarik Diketahui

Pernahkah Anda membayangkan sebuah tempat di mana keindahan alam, kearifan lokal, dan sejarah yang kaya berpadu harmonis? Lumajang, sebuah kabupaten di Jawa Timur, adalah salah satu destinasi yang menawarkan keunikan tersendiri. Jauh dari keramaian kota besar, Lumajang menyimpan berbagai fakta unik yang membuatnya begitu istimewa.

Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam ke dalam keberagaman dan kekayaan Lumajang melalui serangkaian fakta lumajang yang menakjubkan yang mungkin belum banyak diketahui. Bersiaplah untuk menjelajahi pesona dan keajaiban yang membuat Lumajang begitu istimewa.

Fakta Lumajang Lumajang

Penasaran apa saja fakta Lumajang ? Yuk simak berikut ini.

Tanah Tertinggi di Pulau Jawa

Kabupaten Lumajang dianggap sebagai tanah tertinggi di Pulau Jawa, dikarenakan kehadiran Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan ketinggian mencapai 3.676 mdpl.

Gunung Semeru bukan hanya menjadi puncak tertinggi, tetapi juga menjadi destinasi wisata yang sangat diminati oleh para pendaki. Keindahan alam yang memukau menanti para pendaki sepanjang perjalanan mereka menuju puncak.

Tidak hanya menawarkan puncak yang spektakuler, di kaki Gunung Semeru terdapat tiga ranu yang siap memanjakan para pendaki. Ranu Pane, Ranu Regulo, dan Ranu Kumbolo menjadi trio ranu yang dianggap sebagai surga ranu di tanah Jawa. Keindahan dan ketenangan ranu-ranu tersebut memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung yang memutuskan untuk menjelajahi keelokan Gunung Semeru.

Kota Pisang

Lumajang, yang dikenal sebagai Kota Pisang, tidak hanya memperoleh julukan itu secara sembarangan. Pasalnya di Kabupaten Lumajang tidak sulit mencari keberadaan pohon pisang.

Keberadaan julukan “Kota Pisang” untuk Lumajang bukanlah sekadar pemanis belaka. Daerah ini memang terkenal dengan beragam jenis pisang yang memiliki rasa lebih lezat dibandingkan daerah lain. Faktor geografis Lumajang yang dikelilingi oleh tiga gunung api aktif, yaitu Gunung Semeru, Gunung Lemongan, dan Gunung Bromo, menjadi salah satu alasan utama.

Salah satu jenis pisang yang menjadi ikon dan terkenal di Lumajang adalah Pisang Agung Semeru, yang memiliki ukuran yang besar. Pisang ini hanya dapat tumbuh di lereng Gunung Semeru yang berada di Desa Senduro dan Pasrujambe. Karakteristiknya mencakup bentuk silindris, pangkal batang yang berwarna hijau muda kemerahan, dan kulit buah yang tebal.

Oostenrijk Van Java

Lumajang juga dijuluki sebagai “Oostenrijk van Java” atau “Kerajaan Timur Jawa.” Nama julukan ini terkait dengan prasasti Mula Malurung yang mengungkapkan keberadaan sebuah peradaban dan menyebutkan “Nagara Lamajang.” Prasasti ini menjadi dasar penentuan hari jadi Lumajang. Ditemukan di wilayah Kediri pada tahun 1975 Masehi, prasasti ini ternyata merupakan warisan dari Kerajaan Singasari, khususnya pada masa pemerintahan Raja Kertanegara.

Tujuan pembuatan prasasti ini adalah untuk memperingati penganugerahan Raja Seminingrat kepada Pranaraja. Melalui prasasti ini, diungkapkan bahwa Nagara Lamajang telah menetapkan penduduk, wilayah, seorang raja sebagai pemimpin, dan sistem pemerintahan yang terstruktur sejak 15 Desember 1255 M. Oleh karena itu, tanggal tersebut kini diakui sebagai hari jadi Lumajang. Selain itu, julukan “Kerajaan Timur Jawa” merujuk pada keberadaan peradaban di kaki Gunung Semeru yang telah diakui oleh Kerajaan Kediri.

Austria Van Java

austria van java

Kota Lumajang dikenal dengan julukan yang unik, yaitu “Austria van Java.” Gelar ini diberikan berkat keindahan alamnya yang mampu menawan hati para wisatawan. Berlokasi di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Lumajang menjadi bagian dari dataran tinggi yang menyuguhkan beragam destinasi alam menarik. Daya tarik ini menjadikan Lumajang selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung. Gelar “Austria van Java” diperoleh pada era penjajahan Belanda, menjadi bukti pengakuan terhadap pesona alam Lumajang oleh negara lain. Pemberian julukan ini terinspirasi oleh kesamaan topografi Lumajang dengan negara Austria.

Ada banyak tempat wisata menarik yang dapat dinikmati di Lumajang, seperti Gunung Semeru, Danau Ranu Kumbolo, air terjun Tumpak Sewu, Puncak B29 untuk menikmati panorama Gunung Bromo, hingga Desa Ranupani. Julukan “Austria van Java” mencerminkan kekayaan alam yang memukau di daerah ini.

Memiliki Kuliner Khas yang Lezat

Fakta Lumajang selanjutnya yaitu memiliki banyak kuliner khas yang lezat. Selain dikenal dengan keindahan wisata alamnya, Lumajang juga membanggakan kuliner khas yang mampu memikat selera dan membuat anda ketagihan setelah mencicipinya. Salah satunya adalah Lontong Petis, hidangan yang menggoda dengan perpaduan sayuran, tahu, ayam, tempe dan lontong, disiram dengan kuah kacang yang telah dicampur dengan petis.

Tak kalah menarik, ada Pecel Godong Telo. Berbeda dari pecel umumnya yang biasanya berisi aneka sayuran seperti tauge dan potongan kacang panjang, Lumajang menghadirkan nasi pecel dengan tambahan godog telo atau daun ketela. Tambahan daun ketela rebus memberikan rasa pahit yang unik, yang berhasil diatasi oleh bumbu kacang yang memadukan cita rasa pedas dan manis.

Rujak Otek juga menjadi pilihan kuliner yang asing namun menarik di Lumajang. Keunikan rujak ini terletak pada tambahan rebung yang memberikan sentuhan cita rasa yang berbeda.

Sebagai daerah penghasil pisang terbesar di Jawa Timur, Lumajang tak lupa menghadirkan kuliner khas berbahan dasar buah pisang, seperti keripik pisang yang bisa dijadikan oleh-oleh khas daerah ini.

Tari Topeng Kaliwungu

tari topeng khas lumajang

Tari Topeng Kaliwungu merupakan salah satu kesenian Lumajang, menjadi magnet bagi para wisatawan mancanegara. Keistimewaan tarian ini terletak pada keunikannya sebagai seni tradisional tunggal yang menampilkan lima gerakan eksklusif yang tidak dapat ditemui dalam seni tari lainnya. Teknik ini muncul dari hasil percampuran budaya antara Madura dan Jawa di Lumajang, yang menciptakan beragam seni tradisional yang unik.

Tari Topeng Kaliwungu bahkan telah mencuri perhatian dalam berbagai acara internasional. Seni tari tradisional ini, yang diwariskan dari generasi ke generasi, memancarkan daya tarik tersendiri. Pengaruh dari dua suku terlihat jelas dalam setiap gerakan yang ditampilkan dalam pertunjukan tarian ini

Setelah mengetahui beragam fakta Lumajang, tentunya anda tertarik untuk berkunjung bukan? Gunakan layanan travel dari Altha Rent untuk perjalanan yang nyaman dan menyenangkan langsung hubungi 081329009715

Rate this post

Author

Scroll to Top