5 tempat wisata jogja

5 Tempat Wisata Jogja Destinasi Budaya, Sejarah. Edukasi

5 tempat wisata Jogja terbaik dan tentu sangat populer menjadi sebuah hal menarik bagi destinasi liburan Anda. Datang ke Jogja sendiri tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi berbagai lokasi wisatanya yang sangat seru dan bermakna penting.

Berkunjung ke 5 tempat wisata Jogja sendiri dengan berbagai macam keunikannya memang menjadi pilihan dari banyak orang bahkan wisatawan dari daerah lainnya. Maka dari itu jika Anda berniat datang ke tempat wisata ini sewa Hiace Jogja bisa menjadi transportasi  terbaik.

1. Candi Prambanan

WhatsApp Image 2023 05 11 at 20.30.26

5 tempat wisata Jogja pertama dan sudah menjadi salah satu trademark populer adalah Candi Prambanan. Berkunjung ke kota gudeg sendiri tidak akan lengkap jika belum mampir bangunan bersejarah dan cagar budaya ini. Anda bisa mendapatkan pengalaman unik dan menarik di sana.

Candi Prambanan sendiri merupakan bangunan yang dilindungi oleh pemerintah dan masuk dalam cagar budaya yang penuh dengan keindahan dan cerita. Sudah sejak lama lokasi wisata ini jadi daya tarik wisatawan bahkan wisatawan dari luar negeri untuk datang ke Jogja.

Fasilitas

Mengunjungi tempat wisata yang satu ini sudah pasti Anda akan melihat bangunan candi yang sangat megah dengan desain yang unik. Candi Prambanan sendiri merupakan candi bercorak hindu jadi bentuk candi dan stupa nya berbeda dari cari corak Buddha.

Anda bisa berkeliling kompleks candi yang luas sambil menikmati suasana di sana. Anda juga bisa belajar sejarah dan mitos tentang candi yang satu ini. Mengabadikan momen di bangunan candi juga bisa Anda lakukan dan disekitar lokasi wisata ini banyak sekali toko pernak-pernik dan oleh-oleh khas Candi Prambanan.

Alamat dan Jam Operasional

Untuk bisa datang ke salah satu 5 tempat wisata Jogja paling terkenal ini tentu saja sangat mudah karena sudah terkenal ke segala penjuru Jogja sendiri.

  • Alamat : Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Candi Prambanan sendiri di buka dari pagi hingga sore setiap harinya. Wisatawan paling banyak akan datang pada hari libur.

  • Jam Operasional : 06.30 – 17.00

Harga Tiket

Tempat wisata yang satu ini dikelola langsung oleh pemerintah dan merupakan cagar budaya jadi harga tiket masuknya sedikit mahal.

  • Harga Tiket : Rp. 25.000 ( usia 3 – 10 tahun ) Rp. 50.000 ( usia diatas 10 tahun )

2. Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat

WhatsApp Image 2023 05 11 at 20.30.27

5 tempat wisata Jogja yang sangat populer dan banyak dikunjungi adalah Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton dari Kesultanan Jogja ini memang salah satu daya tarik kuat wisatawan untuk datang ke Jogja sendiri. Kompleks bangunan yang penuh dengan budaya dan sejarah ini sangat menarik untuk Anda kunjungi.

Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini merupakan tempat dari kesultanan untuk melalukan kegiatan dan upacara adat. Jadi Anda bisa berkunjung ke sini sambil beajar sejarah dan budaya dari Jogja itu sendiri. Kesan dan pengalaman baru sudah pasti akan Anda dapatkan dengan mengunjungi tempat ini.

Fasilitas

Berkunjung ke Kraton Jogja ini Anda bisa berkeiling kompleks sambil mengamati keindahan kraton dari mulai bentuk bangunan, corak desain, hingga berbagai benda peninggalan yang bersejarah. Kompeks kraton ini sendiri sangat luas jadi Anda bisa menghabiskan waktu untuk melihat dan belajar banyak hal di sana.

Memang ada beberapa ruangan atau lokasi yang tidak dibuka untuk umum. Beruntung jika Anda datang ke salah satu dari 5 tempat wisata Jogja terbaik ini saat event tertentu karena di sana akan ada upacara adat. Anda bisa melihat berbagai perhelatan budaya dan upacara adat pada saat-saat tertentu.

Alamat dan Jam Operasional

Letak dari Kraton Yogyakarta Hadiningrat terletak di pusat kota jadi tidak akan kesulitan untuk menemukannya.

  • Alamat : Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Dibuka setiap hari kecuali pada hari senin dari mulai pagi hingga siang menjelang sore. Jadi harus benar-benar memperhatikan jadwalnya.

  • Jam Operasional : Selasa – Minggu pukul 08.00 – 14.00

Harga Tiket

Untuk bisa masuk ke kompleks kraton ini Anda hanya perlu membayar harga tiket murah untuk warga lokal dan harga tiket yang sedikit berbeda untuk wisatawan asing.

  • Harga Tiket : Rp. 8.000 dan Rp. 10.000

3. Pasar Beringharjo

WhatsApp Image 2023 05 11 at 20.30.27 1

Destinasi selanjutnya di kota Jogja sangat unik dan menarik yaitu Pasar Beringharjo. Destinasi ini masuk dalam 5 tempat wisata Jogja yang sangat populer bahkan untuk wisatawan dari luar. Wisata untuk Anda menghabiskan uang membeli berbagai macam hal dan oleh-oleh dari Jogja.

Pasar Beringharjo sendiri sudah dibuka ratusan tahun lalu jadi selain sebagai jual beli atau pasar lokasi ini termasuk salah satu peninggalan sejarah di Jogja. Tentu saja Anda bisa datang ke pasar ini jika ingin mencari berbagai oleh-oleh terbaik dan khas dari Jogja sendiri.

Fasilitas

Sama seperti pasar pada umumnya jadi Pasar Beringharjo sendiri pusat perbelanjaan yang akan menawarkan Anda berbagai barang dan aksesoris menarik seperti baju, tas, sepatu, dan masih banyak lagi. Anda bisa berkeliling dan mencari apa yang ingin Anda beli nantinya.

Anda bisa menemukan berbagai macam keunikan dari pasar ini. Menjadi daya tarik yang sangat unik membuat Pasar Beringharjo adalah daya tarik yang sangat kuat. Silahkan datang dan nikmati sensasi belanja di pasar tradisiona terbaik di Jogja ini.

Alamat dan Jam Operasional

Lokasi dari pasar ini berada dekat dengan jalan Malioboro yang juga sudah sangat terkenal jadi Anda tidak perlu khawatir.

  • Alamat : Pasar Beringharjo timur Lt. 3, dekat parkiran, Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam operasional dari salah satu 5 tempat wisata Jogja menarik ini tergolong sangat panjang karena dibuka dari pagi hingga malam hari.

  • Jam Operasional : 08.30 – 21.00

Harga Tiket

Masuk ke wilayah Pasar Beringharjo ini gratis jadi uang Anda hanya akan keluar jika membeli berbagai barang dari para penjua di sana.

4. Taman Pintar
WhatsApp Image 2023 05 11 at 20.30.28

5 tempat wisata Jogja yang populer selanjutnya ada Taman Pintar. Jadi tempat wisata yang satu ini menawarkan kepada Anda wisata tentang budaya dan pendidikan. Ada banyak sekali hal menarik yang bisa Anda jumpai ketika berada di Taman Pintar sendiri.

Taman Pintar sendiri memadukan tema wisata edukasi dan rekreasi keluarga. Biasanya tempat wisata ini menjadi destinasi utama studi wisata. Tak heran karena akan ada banyak kegiatan edukasi yang bisa Anda lihat dan coba di taman wisata ini.

Fasilitas

Taman Pintar memiliki berbagai segmen wisata rekreasi dan edukasi. Anda bisa menemukan berbagai macam wahana rekreasi dan edukasi di sini. Selain itu ada berbagai macam tema rekreasi edukasi yang memang dibagi agar Anda bisa memilih yang sekiranya paling menarik.

Alamat dan Jam Operasional

Jika Anda masih belum punya pilihan transportasi untuk datang ke lokasi ini maka tinggal sewa mobil Jogja di agen terbaik saja lalu bisa langsung menuju ke alamat dari wisata ini.

  • Alamat : Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Taman Pintar sebagai salah satu 5 tempat wisata Jogja menarik dibuka setiap hari dari mulai pagi hingga petang.

  • Jam Operasional : 08.30 – 16.00

Harga Tiket

Harga tiket masuk ke Taman Pintar sendiri tergolong masih sangat murah dengan berbagai wahana rekreasi dan edukasi yang menarik.

  • Harga Tiket : Rp. 20.000

5. Tugu Jogja

WhatsApp Image 2023 05 11 at 20.30.28 1

5 tempat wisata Jogja terakhir yang juga sangat populer adalah Tugu Jogja. Lokasi ini memang menjadi ikon dari kota Jogja itu sendiri. Tugu yang berdiri ditengah persimpangan jalan ini merupakan bentuk simbol dari kota Jogja yang sekarang menjadi destinasi wisata.

Fasilitas

Tugu Jogja sendiri sering dikunjungi oleh orang-orang pada malam hari untuk berfoto dan menikmati suasana terbaik di sekitarnya. Anda yang sedang berada di Jogja sempatkan sesekali untuk melihat atau bahkan menghabiskan waktu di sana.

Alamat dan Jam Operasional

Untuk menemukan lokasi dari Tugu Jogja sendiri sangat mudah karena letaknya memang berada di pusat kota Jogja sendiri.

  • Alamat : ¬†Jl. Jend. Sudirman, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tugu yang satu ini memang bisa didatangi kapan saja karena tidak pernah ditutup untuk umum. Namun waktu yang terbaik untuk datang dan berkunjung adalah saat malam hari.

Harga Tiket

Anda tidak perlu membayar apa pun untuk datang ke 5 tempat wisata Jogja yang satu ini. Anda bisa menghabiska uang dengan wisata kuliner di sekitar wilayah Tugu Jogja sendiri.

5 tempat wisata Jogja di atas bisa menjadi pilihan menarik untuk menghabiskan waktu liburan Anda. Jadi kota Jogja sendiri memang salah satu kota yang sangat ramai dikunjungi wisatawan dan daftar di atas adalah yang paling populer di Jogja sendiri.

4/5 - (19 votes)

Author

Scroll to Top