Oleh-Oleh Khas Semarang Paling Legend

Makanan Khas Semarang Paling Legend, Wajib Diborong!

Makanan Khas Semarang Paling Legend, Wajib Diborong!

Jika berkunjung ke kota Atlas, Semarang-Jawa Tengah, jangan lupa untuk membawa makanan dan souvenir khas Semarang. Apa saja oleh-oleh khas Semarang? Ternyata oleh-oleh ini tidak hanya makanan saja, loh! Ada juga minuman, baju atau kerajinan tangan.

16 Daftar Makanan Khas Semarang

Berikut ini adalah agen sewa hiace semarang daftar makanan khas Kota Semarang yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke kota Semarang. Ada yang harganya murah, ada juga yang cukup pricey.  

  • Kue Mochi atau Moachi

Kue yang berbentuk seperti bola-bola kecil dan terbuat dari ketan ini berisi gula aren dan juga kacang. Makanan ini terinspirasi dari Jepang. Harga makanan ini berkisar Rp70.000. Cukup mahal memang, tapi rasanya dijamin lezat dan bikin nagih.

  • Kue Sarang Madu

Kue yang dibanderol dengan harga sekitar Rp30.000 ini telah lahir sejak beberapa abad yang lalu. Kue yang berbentuk tidak beraturan ini berbahan dasar beras, santan dan juga bumbu yang membuat rasanya terasa gurih. 

  • Lumpia Semarang

Salah satu makanan yang masuk ke dalam kategori makanan  khas Semarang ini berisi rebung, telur orak-arik, irisan ayam atau udang. Makanan dengan tekstur yang renyah diluar tapi lembut di dalam ini dibanderol dengan harga mulai Rp10.000 per pcs-nya.

  • Bandeng Presto

Bandeng presto adalah olahan ikan yang dimasak tanpa tulang dengan bumbu kunyit, bawang putih, dan juga garam, semua yang dimasak di dalam daun pisang. Harga bandeng presto ini sekitar Rp4.000 hingga Rp15.000, tergantung ukuran ikannya.

  • Roti Ganjel Rel

Roti ini bertekstur bantat serta alot dan berwarna cokelat yang disertai dengan taburan wijen di atasnya. Dikenal dengan roti bantalan rel karena mirip dengan bantalan rel kereta api. Ciri khas dari makanan ini adalah aroma dari kayu manis. 

Roti ini dibanderol dengan harga Rp24.000 untuk ukuran 10×30 cm, sedangkan Rp37.000 untuk ukuran yang lebih besar, yaitu 24x24cm. Selain dikenal sebagai roti ganjel rel, roti ini juga dikenal dengan nama roti gambang. 

  • Tahu Baxo

Makanan ini terbuat dari campuran bakso yang dimasukkan ke dalam tahu. Makanan ini bertekstur kenyal dan lembut yang berasal dari bakso. Tahu baxo ini di jual dengan harga Rp45.000-Rp55.000.

  • Wingko Babat 

Wingko babat adalah makanan yang memiliki beberapa varian, diantaranya adalah original, keju, coklat, durian, dan masih banyak lagi. Wingko babat ini dibanderol dengan harga mulai Rp10.000. Makanan ini bisa bertahan satu bulan jika dikemas menggunakan plastik vacum. 

  • Tumpi 

Tumpi berbentuk seperti rempeyek, tapi yang membedakan adalah toppingnya. Tumpi bertopping kacang hijau, sedangkan rempeyek bertopping kacang tanah atau udang. Makanan yang mudah hancur karena bersifat renyah. Harganya sekitar  Rp30.000/kg.

  • Torakur 

Makanan yang satu ini mampu bertahan lama. Nama makanan ini diambil dari tomat rasa kurma. Torakur terbuat dari olahan tomat yang dikeringkan kemudian diolah menjadi asinan. Torakur dijual dengan harga mulai Rp17.000 hingga Rp35.000.

Makanan yang diproduksi di daerah Bandungan ini membutuhkan proses yang lama, yakni sekitar satu minggu. Makanan ini cukup laris diborong wisatawan, karena mampu bertahan lama, yakni sekitar enam bulan. 

  • Kopi Banaran 

Selain makanan ada juga olahan kopi yang dihasilkan oleh PT. Perkebunan Nusantara IX, Jawa Tengah. Kopi Banaran ini dikemas sangat cantik sehingga cocok dijadikan oleh-oleh dari Semarang. 

  • Roti Briliant

Makanan oleh-oleh khas Semarang ini bertahan hingga 60 hari meski tanpa pengawet. Makanan yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp100.000 ini memiliki beberapa varian rasa yang bisa dijadikan oleh-oleh. 

  • Lontong Spekkoek Waiki

Makanan ini terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan selai coklat serta memiliki cita rasa yang lezat dan lembut. Makanan ini dibanderol mulai dengan harga Rp20.000. Makanan ini juga dikenal dengan sebutan lontong spiku.

  • Tahu Petis

Petis yang terbuat dari gilingan cumi-cumi dan udang ini memiliki rasa gurih dan juga lezat. Untuk menemukan makanan ini, Anda bisa datang ke pujasera yang ada di Simpang Lima. Makanan ini dijual dengan harga mulai Rp1.500 per satuannya.

  • Tahu Pong Semarang

Makanan yang dijual mulai harga Rp10.000 ini mudah sekali ditemukan. Makanan yang murah ini dapat dinikmati bersamaan dengan kecap pedas, atau cabe rawit. Sesuai namanya tahu ini tidak memiliki isi.

  • Ayam Tulang Lunak Semarang

Makanan berbahan dasar ayam ini dibanderol mulai Rp50.000 per porsi. Olahan ayam tulang lunak Semarang yang terkenal berada di jalan KH.Wahid Hasyim 105-107 Kranggan, Semarang. Pastikan Anda mampir dan mencicipinya ya!

  • Enting-Enting

Makanan ini dijual sekitar Rp35.000. Makanan kering yang satu ini terbuat dari olahan jahe, kacang tanah, dan juga gula jawa. Rasanya sangat manis, renyah, namun sedikit lengket ketika dikunyah.

  • Brownies Opium

Brownies opium dibanderol dari harga Rp25.000. Makanan ini termasuk makanan oleh-oleh dari Semarang yang bersifat premium. Meski sangat lezat, namun biasanya brownies tidak tahan lama, hanya sekitar 3-4 hari saja.

Daftar Oleh-Oleh Khas Semarang Selain Makanan

Rental mobil innova reborn semarang Tidak hanya makanan saja, beberapa souvenir ini juga cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh selepas berkunjung dari Semarang. 

  • Batik Semarang

Batik Semarang sudah berkembang sejak tahun 1919 sampai tahun 1925. Motif batik yang unik ini bisa di dapatkan di kampung batik yang terletak jalan Pattimura. Tempat ini buka setiap jam 7 pagi hingga jam 8 malam.

  • Kerajinan Enceng Gondok

Kerajinan yang ramah lingkungan ini telah diekspor ke berbagai negara meski terbuat dari bahan yang sangat sederhana. Kerajinan ini cocok dijadikan souvenir khas Semarang. 

  • Batik Lawang Sewu 

Kota Semarang yang dikenal dengan wisata Lawang Sewu ini juga menghasilkan souvenir khas Semarang yang merupakan icon kota Semarang. Ada banyak kaos, baju, atau batik yang bergambar Lawang Sewu.

  • Batik Asem Tugu

Membahas Kota Semarang, pasti tidak asing dengan Tugu Muda. Corak batik yang menggambarkan pohon asem dari buah, daun dan juga Tugu Muda ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Semarang

  • Kaos Semarang

Kaos ini bergambar destinasi wisata yang ada di kota Semarang seperti Lawang Sewu, Simpang Lima atau tempat-tempat ikonik lainnya. Kaos ini di desain secara epic ditambah tulisan-tulisan yang kekinian.

5 Pusat Oleh-Oleh Khas Semarang 

Setelah mengetahui makanan dan kerajinan khas Semarang, berikut adalah tempat yang menyediakan oleh-oleh tersebut: 

  • Gedung Dekranasda

Gedung yang berlokasi di Jalan Pahlawan No. 8 cukup familiar bagi wisatawan.  Di tempat ini tidak hanya menjual makanan, tapi juga pakaian yang menyediakan banyak pilihan. 

  • Kampoeng Semarang

Di sini menjual oleh-oleh khas Semarang dengan harga terjangkau. Selain oleh-oleh, di tempat ini juga menyediakan makanan khas Semarang yang bisa Anda cicipi bersama keluarga.

  • Pasar Johar

Pasar terbesar di Kota Semarang ini menjual berbagai macam produk. Anda bisa mendapatkan oleh-oleh khas Semarang dari makanan dan juga pakaian dengan harga yang murah meriah.

Di atas adalah daftar oleh-oleh khas Semarang yang wajib Anda kunjungi ketika berkunjung di kota Atlas, Semarang. Sebagai buah tangan untuk kerabat atau orang terkasih, pastikan Anda memilih oleh-oleh yang berkualitas.

Leave a Comment

Your email address will not be published.