kwj malang

KWJ Malang, Destinasi Wisata dari Kampung Kumuh Menjadi Primadona

KWJ Malang, Destinasi Wisata dari Kampung Kumuh Menjadi Primadona

Kehadiran Kampung Warna-Warni Jodipan (KWJ) menjadi bukti bahwa tempat yang dulunya biasa saja bisa disulap begitu indah dan mempunyai daya tarik bagi para wisatawan. Berlokasi di Provinsi di Jawa Timur, menjadikan KWJ Malang wajib Anda kunjungi untuk berwisata bersama keluarga.

Dahulu, KWJ merupakan pemukiman warga yang begitu kumuh dan lokasinya dekat di perairan sungai dan TPS (Tempat Pembuangan Sampah). Berada di Desa Jodipan, berkat kreativitas para mahasiswa UMM, terciptalah tempat wisata yang unik, menarik, dan berbeda dari yang lainnya. 

Keunikan dan Sejarah KWJ Malang

Jika berbicara tentang keunikannya, alun alun tugu malang salah satu hal yang paling menonjol tentunya penggunaan warna-warna cerah di setiap bangunan rumah para warga di sana. Mulai dari tembok, pagar, atap rumah hingga jembatan menggunakan warna merah muda, hijau, dan biru yang sangat kontras.

Kalau dilihat dari sejarahnya, pada awalnya KWJ dijadikan sebagai bentuk usaha yang dilakukan oleh sekelompok anak muda bernama GuysPro untuk menjadikannya terlihat lebih indah dan tidak kusam.Sekitar 107 bangunan rumah dicat bersama-sama dengan warna-warna yang sangat colorfull.

Pihak-pihak yang terlibat, seperti penduduk di Desa Jodipan, para tentara, dan salah satu produsen cat di kota Malang berpartisipasi untuk menjadikan kawasan ini terlihat lebih berwarna. Bahkan, para pemuda di sana diikutsertakan dalam pelatihan melukis, lho. Apa tujuan utamanya, ya?

Tujuannya adalah supaya ketika gambar maupun warna yang sudah tergores di bangunan rumah warga KWJ mulai memudar, kampung biru arema baik terkena sinar matahari, air hujan hingga kualitas cat yang menurun seiring berjalannya waktu, para pemuda dapat melakukan re-touch kembali supaya kembali indah.

Berkat perkembangan KWJ begitu pesat, menjadikan para penduduk yang notabennya tidak mempunyai pekerjaan tetap mendapatkan penghasilan lebih karena banyaknya wisatawan yang berkunjung. Tentu, hal tersebut membawa keberkahan tersendiri bagi penduduk di KWJ Malang.

Tidak hanya itu, semenjak dijadikan tempat wisata, KWJ menjadi sangat bersih dan menyadarkan masyarakat bahkan para wisatawan yang datang dengan membuang sampah pada tempatnya? Alhasil, aliran sungai di dekat KWJ dan area-area lainnya menjadi sangat bersih dan bebas sampah.

Fasilitas di KWJ Malang

Meskipun di media sosial lebih dominan ditonjolkan bangunan-bangunan KWJ yang sangat berwarna, akan tetapi keunikan dari tempat wisata ini tidak hanya itu saja, lho. Selain fasilitas umum seperti toilet, mushola, dan tempat parkir, ada ragam fasilitas lainnya yang bisa Anda manfaatkan.

  • Ketersediaan Makanan dan Minuman

Anda tidak membawa bekal dan takut jika selama berwisata merasa lapar maupun haus? Tenang saja, karena di KWJ pun menyediakan ketersediaan makanan dan minuman yang dijual oleh para penduduk di Desa Jodipan.

Harganya pun juga sangat terjangkau dan tidak akan menguras kantong Anda begitu dalam, sehingga dengan budget yang tak terlalu besar pun, Anda bisa menikmati segelas kesegaran dan seporsi makanan lezat di KWJ.

  • Galeri Seni

Unsur seni yang ada di KWJ memang sangat kental dan menjadikannya mempunyai nilai estetika tinggi. Para wisatawan juga akan disediakan galeri seni yang mempertontonkan karya-karya indah dan bisa Anda abadikan juga melalui foto.

  • Tempat Foto Instagramable

travel malang semarang tidak lengkap rasanya jika berwisata ke KWJ tanpa memanfaatkan spot-spot foto yang sangat Instagramable. Banyaknya mural hingga lukisan tiga dimensi (3D) mewarnai KWJ dan siap menjadi latar belakang foto serta video Anda nantinya.

Tenang, setiap sudut di KWJ mempunyai keunikannya tersendiri, sehingga tidak perlu khawatir jika kehabisan tempat untuk berswafoto, meskipun banyak wisatawan yang datang saat itu. Berfoto di jembatan, anak tangga hingga tembok rumah warga, sesuaikan dengan keinginan Anda.

Rute dan Tiket Masuk KWJ Malang

Lokasi tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Malang dan dekat dengan alun-alun, menjadikan rute menuju KWJ sangat mudah untuk diakses. Anda bisa menggunakan kendaraan umum, pribadi, maupun sewa untuk mencapai KWJ.

Jika titik keberangkatan Anda dari alun-alun kota Malang, maka jarak yang perlu ditempuh hanya sekitar 2 Kilometer saja. Namun, jika Anda ingin jarak tempuhnya lebih dekat, bisa langsung mengubah posisi titik keberangkatan dari stasiun karena jaraknya hanya 500 kilometer saja.

Beralamat di Desa Jodipan RT 006/ RW 002, lokasi KWJ persisnya berada di gang satu (1) dan harga tiket masuk per orangnya adalah Rp3.000 saja, lho. Harga tersebut sudah termasuk dengan satu gantungan kunci yang unik dan bisa Anda jadikan kenang-kenangan setelah berwisata di sini.

Jika Anda mengunjungi KWJ dengan membawa rombongan, misalnya saja seperti rombongan study tour anak sekolah hingga organisasi, maka kendaraan yang digunakan (BUS) dikenakan biaya parkir antara Rp15.000-20.000.

Sedangkan untuk kendaraan biasa, seperti motor dikenakan biaya Rp2.000 dan mobil sebesar Rp5.000.

Tips Berwisata di KWJ Malang

Meskipun bisa dikatakan KWJ bukan menjadi tempat wisata yang mempunyai ragam fasilitas melimpah, akan tetapi ada beberapa tips untuk Anda supaya berwisata di tempat ini tetap maksimal dan menciptakan momen berlibur yang berkesan selama berada di kota Malang, Jawa Timur.

  • Waktu Kedatangan

Sebenarnya, Anda mempunyai keleluasaan untuk datang ke KWJ karena tempat wisata ini buka setiap hari dari Senin hingga Minggu pukul 06.00-18.00. Namun, jika ingin mendapatkan momen terbaik saat di sini, datanglah pada waktu pagi atau sore hari.

Alasannya karena di dua waktu ini, Anda bisa mendapatkan momen ketika matahari baru terbit di pagi hari dan terbenam di malam hari. Suasana yang menenangkan dengan pencahayaan terbaik sangat cocok untuk dijadikan objek foto.

Terlebih lagi untuk Anda yang senang dengan dunia fotografi, berada di dua momen ini menjadikan hasil foto lebih apik dan indah. Terlebih lagi jika memang dikhususkan untuk sesi photoshoot. Tanpa perlu banyak editan, hasil foto di KWJ akan begitu menarik untuk dilihat.

  • Pastikan Membawa Kamera

Tak perlu menggunakan kamera profesional dengan harga puluhan juta, cukup dengan kamera smartphone ataupun pocket, Anda tetap bisa mengabadikan keindahan KWJ dari tangkapan lensa. Keindahan KWJ akan sangat sayang untuk dilewatkan tanpa adanya sebuah kamera.

Hal ini dikarenakan pada dasarnya KWJ sudah sangat estetik, bahkan diabadikan menggunakan perangkat biasa pun hasilnya akan tetap bagus dan menarik. Terlebih lagi banyaknya mural-mural unik dan bisa Anda foto dan ditambahkan pada galeri online, seperti Instagram maupun Facebook.

  • Menjaga Kebersihan Lingkungan 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kondisi kebersihan dari KWJ sudah sangat membaik semenjak dijadikan tempat wisata. Maka dari itu, meskipun Anda hanyalah pengunjung dan tidak setiap hari datang kesana, akan tetapi tetaplah menjaga kebersihan selama berada di KWJ.

Sangat disayangkan jika perjuangan para penduduk, pengelola, dan wisatawan lainnya saat menjaga kebersihan KWJ menjadi sia-sia karena ada beberapa oknum yang membuang sampah sembarangan. Lagipula, di KWJ sudah tersedia banyak tempat sampah, kok.

KWJ Malang menjadi tempat wisata yang tidak hanya indah, akan tetapi sebagai bentuk transformasi lokasi yang awalnya dianggap sebelah mata kini mendapatkan perhatian dari para wisatawan dunia. Jika Anda ingin lebih mudah pergi menuju KWJ bisa menggunakan kendaraan mobil dari Altha Rent.

Menyewakan beragam mobil dengan berbagai jenis tipe dan ukuran, Altha Rent menawarkan harga terjangkau dan sudah termasuk supir (jika dibutuhkan) dan kendaraan yang sudah full diisi oleh bahan bakar. Yuk segera sewa di Altha Rent dan kunjungi websitenya di www.altha-rent.com.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.