taman mini

Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

Berlibur dan Belajar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta

Jika berkunjung ke Jakarta, salah satu lokasi wisata yang terkenal adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Bukan hanya sekedar wisata, banyak lokasi edukasi disini, sehingga sangat cocok untuk anak-anak hingga dewasa.

7 Wisata di TMII

Berkunjung ke TMII Jakarta menggunakan sewa hiace dijakarta pasti yang terlintas adalah museum dan miniatur dari Indonesia. Oleh karena itu, TMII menjadi salah satu wisata edukasi terbaik untuk mengenal sejarah dan berbagai budaya di Indonesia.

TMII memiliki luas 150 hektar dengan berbagai wahana dan rekreasi yang akan memanjakan pengunjung. Bahkan dalam sehari Anda bisa menyusuri lokasi TMII dengan sepuasnya. Taman Mini Indonesia indah terletak di Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Untuk berkunjung ke lokasi wisata di Jakarta ini, Anda bisa datang pada pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Sedangkan harga tiket Taman Mini Indonesia Indah sekitar Rp 20 ribu per orang. 

  • Museum

Museum Indonesia TMII merupakan lokasi wisata dengan museum terlengkap. Berikut beberapa museum yang terdapat di TMII.

  • Museum Indonesia

Museum ini memiliki tiga lantai, pada lantai pertama merupakan pakaian adat dan pengantin tradisional dari 33 provinsi. Lantai dua merupakan benda budaya seperti rumah tinggal, rumah ibadah dan lumbung padi. Sedangkan lantai ketiga merupakan bagian tempat pameran seni Indonesia.

  • Museum Transportasi

Museum ini memamerkan sejarah dan perkembangan transportasi seperti miniatur, foto atau diorama. Selain itu juga memamerkan transport asli maupun tiruannya.

  • Museum Olahraga

Museum ini juga memiliki tiga lantai seperti halnya museum Indonesia. Pada lantai dasar digunakan untuk memamerkan sejarah olahraga Indonesia dan kegiatan olahraga di dunia. Lantai dua digunakan untuk memamerkan prestasi, penghargaan dan alat olahraga. Sedangkan lantai tiga digunakan untuk diorama permainan tradisional Indonesia.

  • Museum Fauna dan Reptil

Dalam museum ini terdapat diorama dengan menampilkan beragam fauna dari Indonesia kurang lebih 150 jenis. 

  • Museum Serangga dan Kupu

Untuk mengenalkan berbagai hewan seperti serangga ke anak-anak, Anda bisa mengajak mereka ke museum ini. Dalam museum serangga terdapat diorama yang memamerkan kurang lebih 600 jenis serangga dan kupu-kupu.

Terdapat museum TMII lainnya yang bisa dikunjungi diantaranya Museum Timor Timur, Museum HAKKA, Museum Asmat, Museum Bayt Al Qur’an, Museum Telekomunikasi, Museum Pusaka, Museum IPTEK dan masih banyak lagi.

  • Museum Air

Selain museum diatas, wisata Taman Mini Indonesia Indah lainnya adalah museum akuarium air tawar. Museum ini pertama di bangun pada 1992 dan diresmikan pada tahun 1994 silam. Bahkan museum ini merupakan taman biota air tawar terbesar dan terlengkap nomor dua di dunia.

Selain itu,rute travel semarang brebes menuju museum air tawar TMII Jakarta ini mengoleksi 6000 ekor san 126 jenis. Selain itu, museum ini juga terbuka bagi mahasiswa atau masyarakat yang ingin melakukan penelitian dalam hal biota air tawar.

  • Skyworld TMII

Jika Anda menyukai hal-hal tentang antariksa, Anda bisa berkunjung ke Skyworld Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta. Dalam Skyworld ini, Anda akan menjumpai berbagai hal informasi dan replika seperti astronot, pesawat luar angkasa dan masih banyak lagi.

Jika berkunjung untuk wisata edukasi, Anda akan mendapatkan penjelasan dari petugas mengenai planet dan berbagai hal antariksa. Di sini juga bisa melihat berbagai di luar angkasa melalui cinema yang tersedia. 

Adanya Skyworld ini bertujuan untuk mengedukasi generasi mendatang mengenai bumi, antariksa dan berbagai teknologi yang digunakan.

  • Keong Mas TMII

Gedung keong mas Taman Mini Indonesia Indah memang terlihat seperti keong dengan warna kuning keemasan. Gedung ini merupakan sebuah teater guna memutar film dengan teknologi yang canggih.

Proyektor yang digunakan untuk memutar film tersebut menggunakan proyektor IMAX sehingga menciptakan sinematografi yang indah dan tajam. Bukan hanya film Indonesia saja yang diputar, di beberapa kesempatan dalam teater ini juga memutar film yang diimpor dari berbagai negara.

Gedung teater keong emas ini disahkan pada 1984 san diprakarsai oleh Bu Tien (Istri Presiden Soeharto kala itu). Teater dalam film ini masih dapat Anda jumpai sampai saat ini.

  • Kereta Gantung

Jika ingin melihat sekeliling TMII, Anda bisa naik kereta gantung. Bahkan Anda bisa melihat dari bawah miniatur negara Indonesia dengan dikelilingi air layaknya negara Indonesia. 

Stasiun kereta gantung ini memiliki tiga stasiun. Stasiun A berada di kawasan kampung seni. Stasiun B berada di kawasan yang dekat dengan taman burung. Sedangkan stasiun C dekat dengan Snowbay Waterpark.

  • Snowbay Waterpark

Saat berkunjung ke kawasan wisata monumen nasional tak kalah dengan TMII dan ingin bermain air maka silahkan berkunjung ke Snowbay Waterpark. Wahana Taman Mini Indonesia Indah ini menawarkan berbagai permainan air yang menyenangkan.

Dibangun pada 2009, Snowbay Waterpark awalnya bernama Taman Air Taman Tirta. Namun, seiring perkembangannya berubah nama menjadi Snowbay Waterpark dan bertambah permainan air yang semakin lengkap.

Di dalam wahana ini, bukan hanya menyediakan permainan air saja melainkan juga terdapat tempat makan, cafe dan toko souvenir.

  • Taman Flora Fauna

Jika tujuan wisata bukan hanya sekedar berlibur melainkan juga edukasi, Anda bisa mengunjungi bagian flora dan fauna. Disini, Anda akan melihat berbagai taman fauna, seperti taman burung dan taman bekisar. 

Sedangkan, taman flora diantaranya terdapat taman melati dan taman apotik hidup. Di taman tersebut bukan hanya memamerkan flora dan fauna saja melainkan juga cara pembudidayaan mulai dari bibit hingga perawatan setelah besar.

Taman fauna dan flora sangat cocok digunakan untuk anak-anak untuk mengenal tentang makhluk hidup. Selain itu, Anda juga bisa melakukan penelitian mengenai flora dan fauna di Indonesia.

Jika lelah berkeliling dengan berjalan kaki, Anda bisa naik mobil keliling. Setiap orang akan dikenakan biaya sekitar Rp 10 ribu saja. Anda juga bisa naik monorail untuk berkeliling TMII dan biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 50 ribu per orang.

Apabila ingin lebih menikmati kawasan TMII, Anda juga bisa menyewa sepeda single atau sepeda bonceng. Untuk menyewa sepeda, biaya yang perlu dikeluarkan sekitar Rp 15-35 ribu. 

Tempat Menginap Terdekat dengan TMII

Apabila Anda datang dari luar Jakarta dan membutuhkan waktu lebih dari sehari, sebaiknya cari tempat penginapan terdekat. Disini terdapat dua hotel untuk bermalam di dekat TMII yakni Hotel Santika TMII dan Fiducia Pondok Gede.

Mencari hotel dekat Taman Mini Indonesia Indah bisa disesuaikan dengan jarak yang ingin ditempuh. Selain kedua hotel tersebut, Anda bisa mencari hotel dengan biaya yang terjangkau. Namun, sebaiknya pilih hotel dengan fasilitas yang baik sehingga nyaman untuk bermalam.

Sesuaikan biaya pengeluaran seluruh anggota keluarga Anda dengan biaya hotel yang sebelumnya telah dianggarkan. Dengan demikian, Anda akan lebih nyaman bermalam dan berlibur bersama keluarga Anda.

Apakah Anda ingin berlibur ke TMII di Jakarta? Jika iya, Anda dapat menggunakan jasa travel Altha Rent. Selain murah, jasa travel ini juga menyuguhkan pelayanan terbaik bagi pelanggan mulai dari antar jemput, asuransi dan masih banyak lagi.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.