kampung warna warni jodipan

Kampung Warna Warni Jodipan Harga Tiket Masuk Desember 2021

Kampung Warna Warni Jodipan Harga Tiket Masuk Desember 2021

Kini, Anda tak perlu jauh-jauh ke Brazil jika ingin melihat langsung pemukiman warna-warni yang kaya akan seni. Karena, di Malang Jawa Timur ada tempat wisata yang mirip seperti disana, travel malang jakarta memiliki kekhasannya sendiri. Tempat wisata ini adalah Kampung Warna Warni Jodipan.

Tempat pemukiman padat penduduk ini disulap menjadi karya seni besar yang penuh dengan warna. Lingkungan dibuat bak pelangi dengan warna cerah yang mencolok. Terlihat segar dan menarik, lokasi wisata ini berada di Jodipan, Malang, Jawa Timur.

Sejarah Kampung Warna Warni Malang

Sebelum tahun 2016, Kampung Jodipan ini merupakan pemukiman padat penduduk yang kumuh dan terletak di pinggiran sungai. Masyarakat disana membuang sampah di sungai, sehingga membuat lingkungan kotor. Tempat pembuangan sampah yang jauh menyebabkan masyarakat melakukan hal tersebut.

Namun, sejak tahun 2016 lalu, pemukiman ini disulap menjadi kampung bak negeri dongeng. Rumah-rumah di cat dengan warna mencolok membuat tampilan yang sebelumnya terkesan suram menjadi penuh warna. Dengan pewarnaan itu juga, diharapkan masyarakat tak lagi membuang sampah sembarangan.

Warga sangat antusias menanggapi ide untuk memperbaiki lingkungan tersebut. Mereka bekerja sama mulai dari membersihkan lingkungan hingga mengecat perkampungan. Kelompok penggiat mural travel malang yogyakarta juga turut serta dalam proyek ini hingga akhirnya jadilah kampung Jodipan yang cantik dan menjadi objek wisata.

  1. Mochamad Anton selaku Wali Kota Malang pada saat itu yang meresmikan kampung wisata ini. Peresmian dilakukan pada 4 September 2016 didampingi dengan Forkopimda Kota Malang, Ketua TP PKK, serta Sekretaris Daerah Kota Malang.

Semenjak diresmikan, objek wisata ini selalu ramai, terutama di kalangan muda yang hobi hunting foto. Mereka berlomba-lomba mendapatkan foto terbaik yang akan mereka upload ke media sosialnya. Anak-anak juga sangat menyukai tempat ini karena warnanya yang cerah dengan nuansa yang ceria.

Fasilitas dan Pesona Kampung Jodipan

Tempat wisata ini menyediakan berbagai fasilitas yang menunjang kenyamanan pengunjung, diantaranya tempat parkir kendaraan, mushola, toilet, dan warung makan jika pengunjung merasa lapar. Selain fasilitas tersebut, banyak pesona unik yang bisa Anda temukan disana.

Bagi Anda pecinta kuliner, travel malang semarang tentunya tidak akan kelaparan karena banyak kios serta warung yang menyediakan berbagai makanan dengan harga terjangkau. Kampung ini memang cocok untuk liburan dengan budget yang terbatas.

Karena lingkungan yang disulap sedemikian rupa, banyak lokasi yang cocok bagi Anda pecinta fotografi. Anda bisa mendapatkan foto cantik yang instagramable untuk menghias feed instagram. Berikut adalah rekomendasi tempat fotonya.

Rekomendasi Lokasi Foto Instagramable di Kampung Warna Warni Jodipan

Anda dapat mampir ke lokasi foto saat berkunjung ke kampung unik nan cantik ini. Dapatkan foto yang instagenic yang tak ada di tempat lainnya. Berikut tempat-tempatnya.

  • Lorong Payung Berwarna

Diantara gang rumah warga yang berbentuk seperti lorong, Anda akan melihat payung-payung yang memiliki warna berbeda. Payung hias yang digantung di bagian atas lorong membuatnya terlihat bagai mengambang di udara. Anda bisa berpose disana dan mendapatkan foto unik yang menarik.

Lorong payung ini juga merupakan tempat yang nyaman untuk berteduh dari terik matahari. Bagi Anda yang tak terlalu suka berpanas-panasan, tempat ini sangat cocok untuk berdiam diri sejenak dan berfoto.

  • Lukisan Mural 3D

Terdapat banyak lukisan 3 dimensi yang besar di dinding lingkungan Kampung Jodipan sama dengan brawijaya museum malang. Mulai dari gambar harimau, kupu-kupu raksasa, hewan laut, bahkan gorilla ada disana. Lukisan mural dibuat tampak seperti akan keluar dari gambar karena efek 3D nya.

Lukisan-lukisan ini dibuat oleh kelompok penggiat mural Malang, yaitu Komunitas Turu Kene (KTK). Hasil lukisan yang indah membuat pemandangan disana semakin menarik. Didukung dengan warna-warna yang cerah membuat semuanya tampak lebih hidup.

  • Tangga Berwarna

Tangga yang ada di sana juga di cat penuh warna. Saat Anda menaiki tangga disana, nuansa fantasi di dunia dongeng yang berwarna akan terasa. Tempat ini juga sangat cocok untuk latar foto yang akan memenuhi feed Instagram Anda. 

Namun, jangan lupa berhati-hati. Karena tangganya cukup banyak, Anda bisa terjatuh saat lengah. Jangan sampai terluka karena terlalu asik berfoto. Anda tidak mau membawa oleh-oleh luka dari tempat wisata ini, kan?

  • Jembatan Waca

Terdapat pula jembatan gantung yang terbuat dari kaca dan sangat estetik. Anda dapat melihat pemandangan lingkungan yang berwarna dari atas jembatan. Jembatan ini juga merupakan penghubung kampung warna dengan kampung 3D yang ada disana.

Jembatan ini juga menjadi maskot tempat wisata ini. Meskipun termasuk jembatan yang kecil. Arsitekturnya yang kokoh dan bentuknya yang cantik membuatnya menjadi latar foto yang keren dan instagenic.

Tetapi, Anda tak boleh sembarangan bermain di atas sana. Di bawah jembatan terdapat sungai dengan bebatuan. Jika sampai terjatuh, tentu akan sangat berbahaya. Untuk itu, tetap utamakan keselamatan diri dan teman-teman Anda. 

Alamat dan Transportasi

Alamat lengkap kampung cantik ini adalah di Jodipan, Blimbing, Malang, Jawa Timur. Terdapat 3 pilihan rute untuk menuju kesana. Jika Anda memulai dari Stasiun Malang Kota Baru, pergilah ke arah Jalan Trunojoyo. Setelah itu, ke jalan Gatot Subroto, lalu melalui jembatan Brantas. Kemudian, belok ke kiri.

Untuk Anda yang dari Stasiun Malang Kota Lama cukup lurus hingga Jalan Laksamana Martadinata. Lalu, ke Jalan Gatot Subroto. Untuk arah selanjutnya seperti yang telah dijelaskan diatas. Sedangkan, untuk yang dari arah Terminal Arjosari cukup rumit dan memakan waktu 20 menit.

Bagi Anda yang tak mengenal jalanan di Kota Malang, disarankan untuk menyewa jasa rental dan travel agar memudahkan perjalanan. Anda dapat booking mobil beserta driver yang terpercaya di Altha Rent. Jasa rental ini menyediakan aneka jenis mobil  dengan fasilitas yang lengkap.

Drivernya juga ramah serta professional. Pilihan mobilnya pun banyak, mulai dari regular, premium, hingga bus class. Selain itu, Anda tak perlu takut jika mobil mengalami kendala di jalan. Ada tim road assistance yang akan selalu siap membantu problem teknis yang terjadi. 

Harga Tiket Masuk Kampung Warna Warni 2021

Tempat wisata ini buka setiap hari. Anda disarankan untuk datang menjelang sore hari. Selain tidak terlalu terik, cahaya matahari sore juga akan membuat suasana menjadi eksotis dan indah. Untuk harga tiket masuk masih sangat murah dan terjangkau. 

Cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp5.000,-, Anda sudah bisa berkeliling menikmati keunikan dan keindahan yang ada. Anda juga bisa berfoto sepuasnya untuk mengabadikan momen-momen berlibur yang tak terlupakan.

Saat Anda berkunjung ke kampung wisata ini, sebaiknya gunakan topi. Karena wisata ini bersifat outdoor, Anda bisa menghindari sinar UV yang berlebih menggunakan penutup kepala. Selain itu, siapkan juga memori smartphone yang besar agar puas berfoto dengan berbagai latar yang unik.

Tempat yang menarik, bukan? Kunjungi Kampung Warna Warni Jodipan saat Anda berkunjung ke Kota Malang. Bagi Anda yang berasal dari luar daerah atau dari Semarang, bisa menggunakan jasa Altha Rent agar perjalanan terasa lebih nyaman. Pelayanan rental ini sangat berkualitas tinggi, namun harganya tetap terjangkau.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.