Candi Gedung Songo

Pesona Candi Gedong Songo Semarang

Pesona Candi Gedong Songo Semarang : Sejarah, Keindahan Alam, Hingga Sewa Kuda

Bingung mencari destinasi wisata alam pegunungan di daerah Semarang? Coba kunjungi Candi Gedong Songo yang terletak di ketinggian 1.200 mdpl. Wow, menarik sekali bukan? Ada kompleks candi peninggalan masa lampau yang berada di dataran tinggi.

Pesona alamnya tentu sangat indah dan memukau. Ditambah lagi dengan sejarah dan mitos candi yang menarik untuk dipelajari. Penasaran kan? Baca artikel berikut untuk mengetahui lebih lanjut tentang objek wisata keren ini.

Sekilas Tentang Gedong Songo Semarang

Bagi travel malang yogyakarta yang tidak mengerti Bahasa Jawa pasti bertanya-tanya, apa yang dimaksud Candi Gedong Songo? Memangnya, candi Gedong Songo peninggalan agama apa? Berikut penjelasannya.

  • Terdiri dari 9 Candi

Nama Gedong Songo diambil dari Bahasa Jawa yaitu  “gedong” yang berarti bangunan, dan “songo” yang bermakna sembilan. Karena di kompleks candi tersebut terdapat 9 candi berbeda. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa jumlah asli candi tersebut tidak diketahui alias masih menjadi misteri.

Hal itu disebabkan lokasi candi yang berpencar dan tidak berurutan antara candi 1-9. Ada yang  hanya melihat 7 candi, tapi ada juga yang melihat 8 candi. Bahkan, ada mitos yang menyatakan jika seseorang bisa melihat 9 candi, maka orang tersebut akan mendapat keberuntungan.

  • Diduga Sebagai Candi Peninggalan Wangsa Syailendra Abad 9

Saat berkunjung ke candi ini, Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana sejarah Candi Gedong Songo Semarang? Kira-kira siapa yang membuat Candi Gedong Songo Semarang. Sebenarnya travel jakarta surabaya hingga saat ini arkeolog masih terus melakukan riset untuk menelusuri asal-usulnya.

Kompleks candi ini sendiri ditemukan oleh Stamford Raffles pada tahun 1740. Saat itu pria asal Inggris tersebut hanya menemukan 7 candi saja. Lalu, pada tahun 1908 Stein Callenfels menemukan 2 candi lainnya. Hingga akhirnya pemerintah terus melakukan pemugaran candi sampai sekarang.

Umumnya, rental jakarta pemandu wisata yang menjelaskan sejarah candi ini mengatakan bahwa Gedong Songo   merupakan peninggalan Wangsa Syailendra di abad 9. Candi tersebut dibangun sekitar abad 7 oleh Putera Sanjaya yang saat itu menduduki posisi sebagai Raja Mataram kuno.

  • Tempat Pemujaan Umat Hindu

Candi ini merupakan peninggalan umat Hindu yang digunakan sebagai tempat pemujaan Dewa. Hal ini travel jakarta semarang berhubungan dengan lokasi Gedong Songo berada di pegunungan. Yang mana, umat Hindu punya kepercayaan yang menganggap gunung sebagai negeri khayangan atau tempat para dewa.

Selain itu, di sekitar lokasi candi ini juga terdapat banyak patung dan arca bercorak Hindu. Beberapa diantaranya adalah:

  • Siwa Mahakala
  • Siwa Mahaguru
  • Patung Ganesha
  • Arca Durga Mahisasura
  • Arca Mardini
  • Arca Nandi Swara
  • Arca Yoni yang berada di bilik candi
  • Arca berbentuk gajah yang berada di kaki arca Yoni di Candi Gedong III. Posisinya mirip sedang berjongkok dan berada di bilik candi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Mencari alamat wisata candi unik di Semarang ini sangatlah mudah. Letaknya hanya sekitar 32 kilometer dari Semarang kota. Lebih tepatnya yaitu berada di Dusun Krajan, Desa Candi. Desa tersebut termasuk dalam wilayah Kecamatan Bandungan, Semarang.

Rute menuju lokasi candi itu sendiri juga mudah. Anda bisa mengunjunginya menggunakan kendaraan pribadi maupun umum dari berbagai arah yang tersedia, diantaranya:

  • Jika berangkat dari Grobogan, Purwodadi: pergilah menuju daerah Gubug, lalu melewati Kedungjati, Tuntang, Bawean, hingga sampai di Kecamatan Bandungan. Selanjutnya, Anda tinggal tanya warga sekitar untuk menuju lokasi candi di Desa Candi.
  •   Jika berangkat dari Solo, Salatiga, atau Boyolali: pergilah ke arah Jalan Raya Semarang-Solo, kemudian ikuti jalan itu hingga sampai di Kecamatan Bandungan. Nantinya Anda akan menemukan POM bensin Lemah Abang yang tak jauh dari lokasi wisata.

Daya Tarik Wisata

Rental Bus semarang transport selain memiliki keunikan dalam hal sejarah, candi yang ditemukan oleh Raffles itu juga punya banyak daya tarik lainnya. Mulai dari pesona keindahan alam, arsitektur candi, hingga beragam aktivitas menarik yang bisa dilakukan disana. Berikut beberapa daya tariknya:

  • Arsitektur Candi yang Mengagumkan

Sama halnya dengan candi-candi peninggalan masa lampau lainnya, candi ini berdiri kokoh dengan desain arsitektur yang menarik. Apalagi letaknya yang berada di daerah pegunungan di ketinggian 1.200 mdpl yang bersuhu sekitar 19-27 C. Sehingga pesonanya semakin mengagumkan.

Ditambah lagi karena jumlahnya lebih dari satu, masing-masing candinya pun memiliki tinggi dan karakteristik berbeda-beda. Itulah mengapa jika Anda bertanya berapa ketinggian Candi Gedong Songo Semarang? Jawabannya bermacam-macam. Ada yang tingginya 1 meter, 4 meter, hingga 5 meter.

  • Pesona Alam Pegunungan yang Indah

Karena berada di daerah pegunungan, candi kebanggan warga Semarang ini menyuguhkan pemandangan yang sangat epik. Latar pepohonan tinggi berwarna hijau, taman bunga warna-warni, serta kabut tipis yang terkadang menyelimuti. Suasananya pun asri dan menenangkan.

  • Menyusuri Kawasan Candi Sambil Berkuda

Di kompleks wisata ini juga terdapat persewaan kuda untuk menyusuri area candi yang letaknya berjauhan satu sama lain. Sehingga Anda tidak akan kelelahan jalan kaki dari satu candi ke candi lainnya. Harga sewanya pun lumayan terjangkau dan bikin liburan Anda terasa lebih menyenangkan.

  • Menikmati Pemandian Air Panas

Yang paling menarik, antara candi IV dan V di Gedong Songo Semarang, Anda akan menemukan sumber mata air panas yang mengandung belerang. Anda bisa menikmati hangatnya air tersebut sambil menyaksikan kepulan asap tebal yang tampak begitu indah dari sumber air.

  • Hunting Foto di Berbagai Spot Foto Menarik

Meskipun berupa wisata candi, tapi disana juga terdapat spot foto kekinian bernama Ayanaz Gedong Songo. Letaknya berada di sekitar kompleks candi 1 dan terdiri dari berbagai spot foto modern, seperti balon udara dan rumah iglo. Di sana juga terdapat tempat duduk di atas air yang begitu unik.

Fasilitas

Obyek wisata menggunakan sewa hiace jakarta yang bagus juga perlu didukung dengan fasilitas penunjang kenyamanan pengunjung. Karena itulah, kompleks candi ini telah dilengkapi berbagai fasilitas untuk mendukung liburan Anda sekeluarga, diantaranya:

  •         Area parkir yang luas untuk motor dan mobil
  •         Toilet yang bersih
  •         Deretan warung dan tempat makan untuk melepas lapar dan dahaga
  •         Toko oleh-oleh dan souvenir khas
  •         Mushola untuk tempat beribadah
  •         Spot foto yang menarik untuk berburu foto selfie
  •         Tempat beristirahat yang nyaman

Harga Tiket Masuk

Syarat masuk destinasi wisata sejarah ini tidak terlalu rumit. Pengunjung hanya diminta membayar tiket masuk, uang parkir jika membawa kendaraan, dan biaya yang cukup murah apabila menyewa kuda. Berikut rincian harganya:

  •         Harga tiket masuk (Senin-Jumat): Rp8.000,-
  •         Harga tiket masuk (Sabtu-Minggu): Rp10.000,-
  •         Biaya parkir motor: Rp2.000,-
  •         Biaya parkir mobil: Rp5.000,-
  •         Biaya sewa kuda: Rp20.000-50.000,-

Candi Gedong Songo Semarang adalah tujuan wisata yang menarik untuk belajar sejarah sekaligus menikmati keindahan alam Semarang. Rencanakan liburan Anda ke sana bersama travel berkualitas dari Altha Rent. Anda juga bisa menyewa beragam kendaraan sesuai keinginan dengan harga paling hemat.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.